Foto: Nasib Pahit 5 Peserta Piala Dunia 2022 yang Gagal di Piala Afrika 2023

oleh Bagaskara Lazuardi diperbarui 03 Feb 2024, 20:17 WIB
Nasib kontras dialami oleh Maroko. Kesuksesan mereka di Piala Dunia 2022 Qatar tak mampu diulangi di Piala Afrika 2023. Maroko disingkirkan oleh Afrika Selatan pada babak 16 besar dengan skor 0-2. Seperti diketahui, Maroko merupakan tim Afrika pertama yang mampu menembus semifinal Piala Dunia. (AFP/Sia Kambou)
Tampil lebih dominan, Maroko kecolongan gol Evidence Makgopa pada menit ke-57. Mereka sempat mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-85. Sayangnya, bola tendangan Achraf Hakimi membentur mistar dan keluar dari lapangan. Sialnya lagi, Atlas Lions kembali kebobolan oleh gol tendangan bebas Teboho saat injury time. (AFP/Sia Kambou)
Juara bertahan Piala Afrika Senegal harus pulang lebih cepat setelah ditumbangkan oleh tuan rumah Pantai Gading pada babak 16 besar. Padahal, mereka tampil cukup apik di Piala Dunia 2022 Qatar dengan mencapai babak 16 besar sebelum dipulangkan oleh Inggris. (AP Photo/Themba Hadebe)
Senegal kalah dramatis oleh Pantai Gading melalui babak adu penalti setelah skor 1-1 tak berubah hingga babak 2x15 menit. Kegagalan tendangan Moussa Niakhate menjadi nasib pahit yang harus dialami oleh mereka. (AP Photo/Themba Hadebe)
Kamerun sempat tampil mengejutkan saat Piala Dunia 2022 saat berhasil mengalahkan Brasil dengan skor 1-0. Meskipun begitu, mereka gagal mentas ke fase gugur setelah menempati urutan ketiga dengan raihan 4 poin. Hal itu juga dialami skuad berjuluk Indomitable Lions di Piala Afrika 2023. Langkah mereka hanya sampai di babak 16 besar usai dihentikan Nigeria. (AP Photo/Sunday Alamba)
Kamerun sebenarnya mampu mengimbangi permainan Nigeria, bahkan lebih unggul dalam penguasaan bola. Namun, Mereka kecolongan oleh dua gol Ademola Lookman di babak pertama dan kedua. (AP Photo/Sunday Alamba)
Ghana tampil penuh kejutan saat Piala Dunia 2022. Mereka mampu menyulitkan Portugal dan mengalahkan Korea Selatan. Namun, hal itu berbanding terbalik saat Piala Afrika 2023. Ghana tak mampu meraih satu kali pun kemenangan di fase grup. (AP Photo/Sunday Alamba)
Ghana hanya finis di urutan ketiga dengan raihan 2 poin. Mereka tergabung di Grup B bersama Cape Verde, Mesir, dan Mozambik. (AP Photo/Sunday Alamba)
Tunisia mampu tampil mengejutkan saat Piala Dunia 2022. Mereka mampu mengalahkan juara bertahan Prancis dan menahan imbang Denmark meski pada akhirnya tak mampu mentas dari fase grup. Namun, pada edisi Piala Afrika 2023 ini, mereka tak sedikitpun mampu meraih kemenangan. (AP Photo/Themba Hadebe)
Tunisia yang menjadi salah satu unggulan di Grup E malah terdampar di dasar klasemen dengan raihan dua poin. Mereka dikalahkan oleh Namibia dan ditahan imbang oleh Mali dan Afrika Selatan. (AP Photo/Themba Hadebe)