Foto: Daftar 6 Negara Tuan Rumah Piala Asia yang Sukses Menjadi Juara, Qatar Berpeluang Perpanjang Daftar

oleh Hendriyan diperbarui 10 Feb 2024, 10:53 WIB
Sepanjang sejarah Piala Asia yang telah dimulai sejak edisi pertama pada 1956, enam negara tercatat pernah sukses menjadi tuan rumah sekaligus menjadi juara gelaran empat tahunan tersebut. Pada penyelenggaran terbaru edisi ke-18 tahun 2023 yang telah memasuki partai final, Qatar sebagai tuan rumah berpeluang menambah panjang daftar dengan sukses lolos ke partai puncak untuk menantang Yordania. Berikut daftar keenam negara yang sukses menjadi juara Piala Asia saat berstatus tuan rumah. (AFP/Saeed Khan)
Korea Selatan tercatat dua kali menjadi juara Piala Asia yang dilakukan secara beruntun pada dua edisi pertama, 1956 dan 1960. Jika pada 1956 Korea Selatan menjadi juara saat dilangsungkan di Hongkong, maka pada 1960 mereka meraih gelar di depan publik sendiri sebagai tuan rumah saat turnamen masih diikuti oleh 4 negara yang saling bertemu dengan sistem round robin. Tiga negara lain yang menjadi peserta adalah Israel, China dan Vietnam Selatan. (the-afc.com)
Setelah dua kali menjadi runner-up pada dua edisi pertama Piala Asia, 1956 dan 1960, Israel sukses menjadi juara pada edisi ketiga Piala Asia pada tahun 1964 saat berstatus tuan rumah. Masih diikuti oleh 4 negara dengan sistem round robin, Israel menjadi juara setelah menjadi pemuncak klasemen diikuti oleh India, Korea Selatan dan Hong Kong. (the-afc.com)
Pada edisi ke-4 Piala Asia pada tahun 1968 yang menjadi edisi terakhir diterapkan sistem round Robin dan diikuti oleh 5 negara, giliran Iran yang sukses menjadi juara di depan publik sendiri. Pada edisi ke-6 Piala Asia tahun 1976, Iran kembali menjadi juara saat berstatus tuan rumah. Pada partai final Iran mengalahkan Kuwait dengan skor 1-0. (the-afc.com)
Setelah menjadi runner-up pada edisi ke-6 Piala Asia tahun 1976 di Iran, Kuwait berhasil naik kelas dengan menjadi juara pada penyelenggaraan berikutnya tahun 1980 saat berstatus tuan rumah. Kuwait sukses mengalahkan Korea Selatan di partai final dengan skor telak 3-0. (the-afc.com)
Sebagai pengoleksi terbanyak gelar Piala Asia dengan raihan 4 kali juara, Jepang tercatat satu kali menjadi juara saat berstatus tuan rumah, yaitu pada edisi ke-10 tahun 1992. Gelar pertama Jepang tersebut diraih setelah di partai final mengalahkan Arab Saudi dengan skor 1-0. (the-afc.com)
Negara terakhir yang sukses menjadi juara Piala Asia saat berstatus tuan rumah adalah Australia. The Socceroos melakukannya pada edisi ke-16 tahun 2015. Di partai final Australia sukses menjinakkan Korea Selatan dengan skor 2-1 lewat perpanjangan waktu. (AFP/Saeed Khan)

Berita Terkait