Foto: Daftar 5 Top Skor Kualifikasi Euro Sepanjang Masa, Tak Ada Cristiano Ronaldo, Romelu Lukaku Rajanya

oleh Hendriyan diperbarui 24 Mar 2024, 16:40 WIB
Ajang kualifikasi Euro dari mulai edisi pertama pada 1960 hingga edisi terkini pada 2024 telah memunculkan para pemain dengan catatan gol terbanyak tiap edisinya. Secara keseluruhan, 5 pemain berikut dinahbiskan sebagai top skor sepanjang masa ajang kualifikasi pesta sepak bola empat tahunan negara-negara Eropa. (AFP/John Thys)
Striker Timnas Belanda yang telah pensiun pada Juli 2021, Klaas-Jan Huntelaar total mencetak 12 gol dari 8 laga dalam kualifikasi Euro 2012. Tergabung di Grup E yang berisikan 6 negara, catatan gol Klaas-Jan Huntelaar mampu membawa Belanda lolos ke putaran final. Belanda finish sebagai juara Grup D di atas Swedia dan sama-sama lolos ke putaran final Euro 2012 di Polandia dan Ukraina sebagai edisi terakhir yang diikuti 16 kontestan. (AFP/Scanpix/Anders Wiklund)
Striker Timnas Inggris berusia 30 tahun, Harry Kane total mencetak 12 gol dari 8 laga dalam kualifikasi Euro 2020. Tergabung di Grup A yang berisikan 5 negara, catatan gol Harry Kane mampu membawa negaranya lolos ke putaran final. Inggris finish sebagai juara Grup A di atas Republik Ceska dan sama-sama lolos langsung ke putaran final Euro 2020 yang diadakan di 11 negara. (AFP/Adrian Dennis)
Striker Timnas Irlandia Utara yang telah pensiun pada Desember 2013, David Healy total mencetak 13 gol dari 12 laga dalam kualifikasi Euro 2008. Tergabung di Grup F yang berisikan 7 negara, catatan gol David Healy tak mampu membawa negaranya lolos ke putaran final yang masih diikuti 16 kontestan. Irlandia Utara finish di posisi ketiga di bawah Spanyol dan Swedia sebagai dua tim yang lolos dari Grup F. (AFP/Peter Muhly)
Striker Timnas Polandia berusia 35 tahun, Robert Lewandowski total mencetak 13 gol dari 10 laga dalam kualifikasi Euro 2016. Tergabung di Grup D yang berisikan 6 negara, catatan gol Robert Lewandowski mampu membawa negaranya lolos ke putaran final. Irlandia Utara finish sebagai runner-up Grup D di bawah Jerman dan sama-sama lolos langsung ke putaran final Euro 2016 di Prancis. (AFP/Janek Skarzynski)
Striker Timnas Belgia berusia 30 tahun, Romelu Lukaku menjadi pesepak bola dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah kualifikasi Euro. Pada kualifikasi Euro 2024, di mana Belgia tergabung di Grup F bersama Austria, Swedia, Azerbaijan dan Estonia, ia mampu mencetak 14 gol dari seluruh 8 laga dan membawa Belgia lolos langsung ke putaran final Euro 2024 yang akan berlangsung di Jerman dengan status juara grup. (AFP/John Thys)

Berita Terkait