Foto: Ini Dia 2 Pemain yang Jadi Target Naturalisasi Timnas Indonesia Berikutnya, Termasuk Kiper FC Dallas Maarten Paes

oleh Hendriyan diperbarui 29 Mar 2024, 20:43 WIB
Timnas Indonesia masih belum berhenti untuk melakukan naturalisasi terhadap para pemain yang memiliki garis keturunan Indonesia yang sebagian besar lahir dan tumbuh besar di Belanda. Saat ini Timnas Indonesia malalui PSSI tengah memperjuangkan dua pemain keturunan lagi untuk berseragam Merah Putih, yaitu Maarten Paes dan Ole Romeny. (AFP/Getty Images/Carmen Mandato)
Maarten Paes, 25 tahun, yang berposisi sebagai kiper saat ini tengah membela FC Dallas di Liga Amerika Serikat (MLS). (AFP/Getty Images/Carmen Mandato)
Maarten Paes yang kelahiran Nijmegen merupakan produk Akademi Sepak Bola NEC Nijmegen sejak 2012/2013 yang akhirnya dipromosikan ke tim utama pada 2019/2020. (AFP/Getty Images/Carmen Mandato)
Proses naturalisasi Maarten Paes sebenarnya telah dilakukan berbarengan dengan dua pemain naturalisasi terbaru Timnas Indonesia, yaitu Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Namun prosesnya masih terganjal di Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS) karena terindikasi pernah membela Timnas Belanda U-21 di Kualifikasi Euro U-21 saat usianya telah menginjak 22 tahun. (AFP/Getty Images/Carmen Mandato)
Jika dikabulkan CAS, Maarten Paes akan segera merampungkan proses naturalisasi dengan pengambilan sumpah menjadi WNI dan dipredikasi bisa langsung membela Timnas Indonesia dalam dua laga sisa di Kualifikasi Grup F Piala Dunia 2026 menghadapi Irak dan Filipina pada Juni 2024. (AFP/Getty Images/Carmen Mandato)
Satu pemain lagi yang menjadi target PSSI untuk dinaturalisasi adalah striker FC Utrecht, Ole Romeny. (fcemmen.nl)
Ole Romeny yang kini berusia 23 tahun merupakan sahabat karib dari Ragnar Oratmangoen dan Maarten Paes, di mana ketiganya pernah sama-sama berseragam NEC Nijmegen. (fcutrecht.nl)

Berita Terkait