Bola.com, Jakarta - Asian Games 2026 di Aichi-Nagoya jadi target penting Timnas voli Indonesia. Skuad putra dan putri menegaskan siap tempur dan berupaya memberi yang terbaik.
Keyakinan itu disampaikan Boy Arnez dan Maradanti Namira Tegariani. Dalam peresmian Emtek Media sebagai mitra penyiaran Asian Games 2026, Boy menyebut persiapan berjalan tanpa kendala berarti selama sebulan.
"Kita persiapannya udah cukup lama juga, sudah sebulan. Untuk chemistry tim kita sudah solid, tinggal membenahin kesalahan-kesalahan di game. Tapi kita optimis dapat main baik nanti di Asian Games," papar Boy.
Pelatih timnas voli putra Indonesia Reidel Toiran menyiapkan tim lewat pelatihan intensif, termasuk uji coba melawan Kamboja. Modal bagus juga dimiliki timnas voli putra dengan menjuarai AVC Men's Volleyball Cup 2026 di India. "Kita sudah digembleng sih, mulai dari fisik ke mental. Nanti tinggal di Asian Games aja nanti gimana," papar Boy kepada wartawan.
Persiapan Matang Tim Putri
Senada dengan Boy, Rara, sapaan Maradanti Namira Tegariani, yakin timnas voli putri Indonesia bisa berbicara banyak di Asian Games 2026. Keyakinan itu lahir dari rangkaian persiapan yang telah dijalani.
"Untuk persiapannya sih sebenarnya sudah siap ya. Karena sebelum menuju Asian Games 2026 ini kita udah mengikuti pertandingan internasional. Dan beberapa sparing-sparing dengan tim lainnya," papar Rara.
Rara menekankan jam terbang dari ajang internasional dan beberapa sesi sparing menjadi bekal penting. Dengan fondasi tersebut, tim menatap Aichi-Nagoya dengan rasa percaya diri.
Fokus Lolos 8 Besar
Di Asian Games 2026, timnas voli putra Indonesia tergabung di Grup B bersama Iran, Thailand, dan Kirgistan. Untuk putri, Indonesia berada di Grup A bersama Jepang dan Nepal.
Melihat komposisi lawan di Aichi-Nagoya, baik Rara maupun Boy menargetkan lolos ke delapan besar sebagai langkah awal. Setelah itu, mereka akan menatap fase berikutnya secara bertahap.
"Tahap pertama masuk 8 besar dulu ya. Lalu nanti dari 8 besar kita pikir lagi buat masuk ke babak berikutnya. Step by step dulu," ucap Rara.