Sukses


    Korsel dan Korut Bersatu pada 2 Cabor di Asian Para Games 2018

    Jakarta, - Korea Paralympic Committee (KPC) sudah merilis daftar atlet yang akan berlaga di Asian Para Games 2018 pada Jumat (4/10/2018). KPC mengungkap dua Korea, Selatan dan Utara, akan bergabung jadi satu tim pada dua cabang olahraga, yakni tenis meja dan renang.

    Lebih detail, atlet Korea Selatan dan Korea Utara gabung dalam cabor tenis meja putra (kategori TT6-7) dan renang gaya bebas estafet serta renang campuran putra di Asian Para Games 2018.

    Untuk tim tenis meja putra, akan dihuni satu atlet asal Korsel dua dua atlet asal Korut. Tim ini dilatih pelatih asal Korut, Ri Chol-ung.

    Kemudian untuk cabor renang gaya bebas estafet, KPC menjelaskan akan ada tiga atlet Korsel bahu-membahu bersama satu atlet Korut. Untuk gaya campuran, ada lima atlet Korsel bekerja sama dengan dua atlet Korut. Tim renang bakal dilatih pelatih asal Korsel, Sun Chang-yong.

    Ini merupakan kali pertama Korea Selatan dan Utara menyatukan kekuatan dalam sejarah keikutsertaan di Para Games pada Asian Para Games 2018 di Jakarta. Kedua negara itu juga akan gabung dan melakukan parade bersama dalam upacara pembukaan serta menjalankan Rumah Tim Korea (Team Korea House) bersama. 

    "Kami membentuk tim gabungan untuk kali pertama, dan saya berharap kami bisa melakukannya dengan baik, setidaknya dalam satu cabor dan memenangi medali emas. Kami akan menunjukkan kekuatan dengan bendera Korea Bersatu," kata chef de mission Korea Utara, Jong Hyon.

    Kebijakan ini mengikuti apa yang sudah dilakukan pada Asian Games 2018. Pada ajang olahraga terbesar di Asia yang sukses digelar pada 18 Agustus-2 September 2018 itu, Korea Selatan dan Utara juga menyatukan kekuatan dalam beberapa cabor. Kedua negara itu menggunakan nama "Korea Bersatu".

    Korea Bersatu, selain keberadaan mereka sendiri merupakan bagian dari sejarah, berhasil mencatatkan prestasi pada Asian Games 2018, semisal dengan meraih medali emas dayung tradisional boat race (TBR) nomor 500M putri.

    Asian Para Games 2018 digelar pada 6-13 Oktober 2018. Korea Utara mengirim 23 orang dalam kontingen mereka. Rombongan Korea Utara sudah tiba di Jakarta dan menempati Wisma Atlet pada Kamis (4/10/2018).

    Sumber: Yonhap

    Video Populer

    Foto Populer