Sukses


    Anes, Pembuktian Lewat Goalball, dan Pesan untuk Atlet Asian Para Games

    Bola.com, Jakarta - Namanya singkat, hanya Anes. Postur tubuhnya juga mungil, serta penglihatannya terbatas. Namun, Anes membuktikan punya kualitas mumpuni sebagai penentu kemenangan Timnas Goalball Putri Indonesia di laga pertama Asian Para Games 2018, di Balai Kartini, Jakarta, Minggu (7/10/2018). 

    Dalam kedudukan 2-2, Anes mampu mencetak gol kontra Laos. Saat itu pertandingan hanya menyisakan 2 menit 41 detik. Wanita bertubuh mungil itu melempar bola dengan keras. Meski sempat dihalau dua pemain Laos, bola tersebut tetap masuk ke gawang.

    Anes mengaku kali pertama menggeluti goalball saat berusia 15 tahun. Wanita asal Jawa Barat ini mampu membuktikan dirinya bisa mengembangkan kualitas hidup menjadi jauh lebih baik lewat olahraga tersebut.

    "Pertama kali main goalball pada 2011, waktu itu benar-benar belum tahu seperti apa permainan ini. Tiba-tiba saja guru olahraga saya di SMP meminta saya bermain goalball. Itu pertama kali saya bermain dan saat itu langsung bisa menjadi juara turnamen antarsekolah di Kota Bandung," kisah Anes mengingat perkenalannya dengan goalball.

    Anes merupakan atlet goalball dengan klasifikasi B3, atau dengan level penglihatan yang lebih baik daripada kategori B2 dan B1. Klasifikasi terakhir tersebut merupakan kebutaan total. Lewat goalball wanita berusia 22 tahun itu mampu menorehkan prestasi, satu di antaranya adalah ketika tampil untuk kontingen Jawa Barat dan meraih medali emas di Peparnas 2016.

    Kini Anes sudah menjelma menjadi atlet andalan Indonesia yang tampil di Asian Para Games 2018. Meski demikian, masih ada perasaan tidak percaya kariernya mampu berkembang begitu pesat. 

    "Sejak pertama saya memang belum percaya, terutama karena waktu seleksi yang lain itu lebih tinggi dan lebih besar. Sementara saya sebenarnya untuk kriteria ukuran tubuh kurang memadai. Selain itu juga permainan saya di bawah rata-rata. Namun, alhamdulillah dengan terus berlatih saya akhirnya bisa sampai di sini dan berhasil membuktikan bisa jauh lebih baik dari hari kemarin," ujarnya sembari tersenyum dan menegaskan postur tubuhnya yang mungil tak menjadi penghalang untuk berprestasi.

    Anes menitipkan pesan kepada seluruh atlet Indonesia yang tengah berjuang mengikuti Asian Para Games 2018 di semua cabang olahraga. "Tetap semangat dan jangan pernah patah semangat. Kita harus yakin dan percaya diri," ujarnya.

     

    Video Populer

    Foto Populer