Sukses


    Ini Sosok Dokter yang Berperan dalam Ajang Asian Para Games

    Bola.com, Jakarta - Diikuti 43 negara, Asian Para Games 2018 berlangsung di Jakarta pada 6-13 Oktober. Indonesia adalah tuan rumah ketiga Asian Para Games yang pertama kali diadakan di Guangzhou, Cina, pada tahun 2010.

    Ajang olahraga yang diikuti oleh para atlet difabel ini ternyata dicetuskan pertama kali oleh seorang dokter pada Perang Dunia II.

    Dilansir oleh asianparagames2018.id, dokter tersebut bernama Dr. Ludwig Guttmann (1899-1980) asal Inggris. Ia adalah seorang dokter yang bekerja di RS Stoke Mandeville, Inggris yang mempelopori kegiatan tersebut di era Perang Dunia II.

    Saat mengawali kompetisi itu, ia bertujuan agar para tentara yang terluka dalam medan perang memiliki percaya diri kembali.

    Awalnya, ia memperkenalkan kegiatan fisik dan olahraga sebagai salah satu bagian rehabilitasi fisik, psikologis dan sosial para tentara yang terluka dari medan perang yang kebanyakan memiliki luka saraf tulang belakang.

    Tak hanya itu, Dr Guttman juga merupakan orang yang pertama kali menyelenggarakan kompetisi olahraga dengan kursi roda dengan panahan sebagai cabang olahraga pertama di kota Stoke Mandeville.

    Secara kebetulan, kompetisi ini digelar bersamaan dengan pembukaan Olimpiade Musim Panas di London pada 28 Juli 1948 sekaligus menjadi tonggak awal Gerakan Paralimpik.

    Empat tahun kemudian, atlet dari Inggris dan Belanda berkompetisi di gelaran kedua di kompetisi Stoke Mandeville Games, mengikuti Olimpiade yang digelar empat tahun sekali.

    Kompetisi ini merupakan visi dari Dr. Guttmann bahwa atlet difabel seharusnya diberikan kesempatan yang sama seperti atlet yang memiliki anggota tubuh yang lengkap di ajang kompetisi internasional dan mereka juga seharusnya dikenal di seluruh dunia lewat prestasi olahraganya.

    Dari situlah, ajang Asian Para Games tercipta untuk memberikan wadah bagi para kaum disabilitas untuk berprestasi dalam bidang olahraga.

    Kemenangan itu dekat

    Kesuksesan ajang Asian Para Games 2018 tak lepas dari semua pihak yang membantu dan mendukung ajang olahraga tersebut. Sama halnya Grab.

    Setelah berpartisipasi di ajang Asian Games 2018, perusahan transportasi online GRAB kembali menjadi Official Mobile Platform Partner Asian Para Games 2018. Kembali mengusung tagline "Kemenangan Itu Dekat", Grab berkomitmen ikut mensukseskan Asian Para Games 2018.

     

    (Adv)

    Video Populer

    Foto Populer