Sukses


Soal Ban Michelin, Rider MotoGP Perlu Waktu Beradaptasi

Bola.com, London - Wakil Presiden Honda Racing Corporation (HRC), Shuhei Nakamoto meyakini tidak ada masalah berarti dengan keputusan baru MotoGP yang akan menggunakan ban Michelin pada musim 2016.

Menurutnya, para rider hanya butuh waktu untuk beradaptasi dengan ban baru setelah pada tujuh tahun sebelumnya terbiasa menggunakan ban Bridgestone.

Berdasarkan hasil tes pramusim yang dilakukan di Sirkuit Ricardo Tormo-Cheste, Valencia beberapa waktu lalu, sejumlah pebalap seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez mengeluhkan soal performa bannya, Bahkan, The Baby Alien juga sempat mengalami kecelakaan.

“Ban ini berbeda, tapi catatan waktu sangat mirip. Jadi Michelin memiliki potensi yang sama dengan Bridgestone. Tapi ada beberapa kecelakaan di dua hari tes Valencia, yang berarti rider butuh waktu untuk memahami bagaimana cara menggunakan ban Michelin,” kata Nakamoto seperti dilansir Crash, Jumat (20/11/2015).

“Itulah alasan utamanya. Kecelakaan mereka bukan salah Michelin, ini perubahan besar. Tim mekanik kami juga belajar cara menggunakan ban. Jadi jika kami harus melakukan perubahan dengan suspensi, sasis, kami akan melakukannya. Tapi saat ini, kami butuh waktu,” tambahnya.

Bukan cuma ban Michelin yang akan mewarnai perubahan MotoGP di 2016. Tiga tim utama, yaitu Honda, Yamaha, dan Ducati juga harus membiasakan diri menggunakan software Magneti Marelli atau Electronic Control Unit (ECU), software yang lebih canggih dari peralatan mereka sebelumnya.

Video Populer

Foto Populer