Sukses


VIDEO: Flashback Final Liga Champions 1994, AC Milan Melumat Barcelona Tanpa Dua Pilar Andalan

Bola.com, Athena - AC Milan bermain pada laga final Liga Champions 1994 tanpa dua pilar andalan di lini pertahanan menghadapi Barcelona di Olympic Stadium di Athena, Yunani, pada 18 Mei. Dua pilar tersebut adalah Franco Baresi dan Alessandro Costacurta yang kena larangan bermain karena kartu yang mereka dapat pada partai semifinal.

AC Milan menghadapi Barcelona bukan sebagai tim favorit. Apalagi mereka bermain tanpa Baresi dan Costacurta. "Mereka jelas favorit karena kami bermain tanpa Baresi dan Costacurta. Kami khawatir tidak memiliki barisan pertahanan yang layak. Kami tahu Barcelona memiliki lini serang yang bagus dengan Hristo Stoichkov, Romario, dan bahkan Ronald Koeman," ujar Dejan Savicevic, pencetak gol ketiga I Rossoneri pada final Liga Champions tersebut, dalam wawancara video yang diunggah UEFA Champions League.

"Mereka foto bersama dengan trofi Liga Champions dan mengatakan itu adalah piala mereka. Hal itu membuat kami termotivasi. Tidak membuat kami takut, justru memberi energi positif," kata Savicevic.

Meski Barcelona diunggulkan, AC Milan ternyata bisa memenangi pertandingan dengan skor telak 4-0. Gol-gol pasukan Fabio Capello dicetak Daniele Massaro pada menit ke-22 dan 45+2', Savicevic (47'), dan Marcel Desailly (58').

"Pertandingan itu seperti laga tinju. Perlu hati-hati dengan pukulan jab dari lawan. Lindungi dirimu di area tertentu, lalu menyerang di area lain. Bila tidak melakukan hal itu, Anda bisa mendapatkan masalah," ujar pelatih Milan saat itu, Fabio Capello, mengenang pertandingan melawan Blaugrana pada final Liga Champions 1994.

"Skor 4-0 dan gol saya menjadi bagian dari sejarah. Itu sangat fantastis," kata Desailly soal gol keempat Milan.

Seperti apa cuplikan jalannya pertandingan AC Milan, yang juga minus Marco van Basten karena cedera panjang, kontra Barcelona pada final Liga Champions 1994? Cuplikannya dapat dilihat dalam video di atas.

Video Populer

Foto Populer