Sukses


Memprediksi Kapan Liga-liga Top Eropa Kembali Bergulir

Bola.com, Jakarta - Mayoritas kompetisi sepak bola di dunia, termasuk Eropa, dihentikan menyusul pandemi virus corona COVID-19. Otoritas tiap liga sudah menyusun skenario terbaik tentang kapan dan bagaimana kompetisi musim 2019-2020 dilanjutkan.

Pertandingan sepak bola di Inggris sampai detik ini di-suspend hingga waktu yang belum ditentukan. Sebagian besar klub berkomitmen untuk menyelesaikan kompetisi musim ini.

Beralih ke Belanda, Federasi Sepak Bola Belanda bersikeras untuk tidak melanjutkan Eredivisie dan kasta di bawahnya. Pemerintah setempat juga sudah melarang segala kegiatan olahraga sampai 1 September 2020, namun belum ada ketuk palu dari operator liga.

Sementara itu, Belgia menjadi negara Eropa pertama yang menghentikan Pro-League, kompetisi sepak bola kasta teratas. Namun belakangan, operator liga masih menggoyang beberapa opsi lagi.

Lalu bagaimana dengan liga lain? Berikut prediksi Bola.com.

 

2 dari 6 halaman

Bundesliga

Awal April 2020 ini, klub-klub Bundesliga Jerman menjadi yang pertama di Eropa melanjutkan sesi latihan resmi. Bayern Munchen adalah tim pertama, namun sesi latihan dibagi menjadi beberapa kelompok.

Bundesliga dihentikan pada 13 Maret kemarin sampai setidaknya 30 April mendatang. Sebagian besar klub masih menyisakan sembilan laga lagi, Munchen memuncaki klasemen, unggul empat poin dari Borussia Dortmund.

Kamis hari ini waktu setempat, akan ada conference call yang diikuti oleh 36 klub (Bundesliga I dan Bundesliga II). Pada online meeting tersebut, akan dibahas mengenai kelanjutan Bundesliga 2019-2020.

Info terkini yang bisa didapat, ada dua opsi, yakni 9 Mei dan 16 Mei. Akan tetapi, apa pun keputusannya, semua masih harus menunggu hasil rapat pemerintah Jerman pada 30 April. Pada rapat nanti, akan terjawab apakah pemerintah bakal memberikan lampu hijau atau tidak.

Ada pun pemerintah Jerman diketahui mendukung berjalannya Bundesliga 2019-2020. Hanya saja, opsi terbaiknya adalah tanpa penonton.

 

3 dari 6 halaman

La Liga

Presiden La Liga, Javier Tabas beberapa waktu lalu mengatakan bahwa La Liga 2019-2020 mungkin akan dilanjutkan 28 Mei mendatang.

Seluruh aktivitas sepak bola di Spanyol, termasuk La Liga, masih dalam status dihentikan tanpa kejelasan. Tebas juga menegaskan bahwa klub-klub dilarang menggelar latihan sampai 26 April.

Kementerian Olahraga Spanyol, di sisi lain, mengizinkan klub menggelar latihan. Asal, protokol kesehatannya jelas.

Awal Juni diperkirakan menjadi periode paling baik buat La Liga melanjutkan kompetisi. Akan tetapi, semuanya belum bisa dikonfirmasi.

 

4 dari 6 halaman

Ligue 1

Beralih ke Prancis, situasinya jauh lebih baik. Operator Ligue 1 (LFP) dan Federasi Sepak Bola Prancis yang melakukan rapat pada 10 April kemarin sepakat kompetisi dilanjutkan.

Harapan mereka, hingga detik ini, adalah Ligue 1 dilanjutkan pada 17 Juni dan berakhir 25 Juli. Lalu, msim 2020-2021 dimulai pada 22-23 Agustus.

Akan tetapi, LFP masih harus menunggu keputusan pemerintah Prancis, apakah mengizinkan laga digelar atau tidak. Opsi terbaik yang dimiliki adalah digelar tertutup.

Presiden Prancis, di sisi lain, masih memberlakukan lockdown hingga 11 Mei 2020. Itu masih sangat mungkin diperpanjang mengingat Prancis menjadi negara ketiga di Eropa dengan jumlah kematian akibat corona terbanyak.

 

5 dari 6 halaman

Serie A

Federasi Sepak Bola Italia (IFF), melalui Presiden Gabriele Gravina, mengatakan Serie A diproyeksi kembali berjalan pada akhir Mei atau awal Juni.

Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, bakal menemui IFF dalam waktu dekat, tapi menegaskan tidak bisa menjamin pemain bisa kembali latihan pada 4 Mei seperti permintaan Gravina.

IFF akan mengetes pemain pada awal Mei nanti untuk mengetahui kesehatan pada pesepak bola di Serie A. Pada Senin kemarin, operator Serie A ngotot liga harus dilanjutkan.

Serie A dihentikan pada 9 Maret dengan menyisakan 12 pertandingan lagi, di mana delapan dari 20 klub masih memiliki tabungan 13 laga, satu di antaranya Inter Milan.

Juventus masih memimpin klasemen sementara, dibuntuti Lazio dengan perbedaan satu poin.

Penolakan terjadi. Presiden Brescia, Massimo Cellino, dengan tegas tidak akan membiarkan timnya bermain lagi.

Sumber: BBC

6 dari 6 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer