Sukses


VIDEO Liga Italia: Tak Hanya Juventus yang Kena Hukuman

Bola.com, Jakarta - Juventus baru saja kena hukuman pengurangan 15 poin oleh Pengadilan Banding Federal FIGC (Federasi Sepak Bola Italia). Pengurangan poin tersebut berlaku untuk Liga Italia (Serie A) musim 2022/2023. Namun, tidak hanya I Bianconeri yang terkena hukuman.

Hukuman diberikan setelah jaksa FIGC, Giuseppe Chine, meminta Pengadilan Banding Federal membuka kembali penyelidikan terhadap kasus terkait pemalsuan laporan keuntungan (capital gain) klub Juventus, seperti dilansir dari Football Italia. Chine meminta klub raksasa Liga Italia itu dijatuhi hukuman pengurangan sembilan poin.

Namun, Pengadilan justru memutuskan untuk memberi hukuman 15 poin. Beberapa klub yang sebelumnya diduga terlibat (Sampdoria, Pro Vercelli, Genoa, Parma, Pisa, Empoli, Novara and Pescara) dengan para eksekutifnya diputuskan tidak kena hukuman.

Hukuman tidak diberikan hanya untuk Juventus tetapi juga beberapa orang yang terlibat di dalam klub tersebut. Mereka berjumlah 11 orang, termasuk Andrea Agnelli, yang berstatus mantan presiden klub. Agnelli kena hukuman larangan tidak boleh beraktivitas sepak bola di Italia selama dua tahun.

Fabio Paratici, yang kini menjabat sebagai Managing Director of Football Tottenham Hotspur, kena hukuman larangan selama 2,5 tahun, seperti dilansir Guardian. Sanksi tersebut juga dilaporkan ke UEFA dan FIFA sehingga bisa berpengaruh kepada posisinya di Spurs.

Legenda Juventus, yang pernah menjabat Wakil Presiden Juventus, juga terseret dan kena hukuman delapan bulan. Hukuman dengan durasi yang sama juga diberikan kepada Paolo Garimberti, Enrico Vellano, Assia Venier, Caitlin Hughes, Daniela Marilungo and Francesco Roncaglio.

Sementara, Federico Cherubini, yang masih menjabat Sporting Director Juventus, kena hukuman 16 bulan. Maurizio Arrivabene, yang pernah menjabat CEO Juve dan Team Principal Scuderia Ferrari di Formula 1, kena hukuman yang sama dengan Agnelli.

Video Populer

Foto Populer