Sukses


Rekam Jejak Wakil Inggris dan Italia di Final Liga Champions, Siapa Paling Sering Juara?

Bola.com, Jakarta - Manchester City dan Inter Milan akan bersua pada final Liga Champions di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB. Duel kedua tim diprediksi berjalan sengit sejak menit awal.

Man City berhasil melenggang ke partai puncak Liga Champions musim ini setelah mendepak Real Madrid. The Citizens unggul agregat 5-1 atas Madrid dalam dua leg semifinal.

Sementara itu, Inter Milan sukses membungkam sang rival sekota, AC Milan. Menjalani due leg partai semifinal, Inter unggul agregat 3-0 atas Milan.

Saling berhadapan pada final Liga Champions, Manchester City dan Inter Milan bakal mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya. Man City mengincar gelar juara perdana di Liga Champions, sedangkan Inter ingin keempat kalinya mengangkat trofi Si Kuping Besar.

Andai berhasil keluar sebagai kampiun, Manchester City dan Inter Milan menambah panjang daftar kesuksesan negara masing-masing di Piala/Liga Champions.

Lantas sejauh ini, wakil negara mana yang paling sukses di turnamen kasta teratas antarklub Eropa tersebut? Berikut ini adalah rekam jejak wakil Inggris dan Italia di Piala/Liga Champions.

 

2 dari 4 halaman

Pencapaian Wakil Inggris

Menurut catatan Transfermarkt, wakil Inggris sudah 26 kali berhasil lolos ke final Piala/Liga Champions. Dari 26 kesempatan tersebut, terdapat tiga kali tercipta all england final, yakni musim 2007/2008, 2018/2019, dan 2020/2021.

Namun, wakil Inggris tak melulu berhasil meraih titel juara di turnamen tersebut. Klub Liga Inggris merengkuh 14 trofi dari 26 kali melenggang ke final.

Jika Manchester City keluar sebagai juara, klub Inggris berhasil 15 kali menjadi kampiun di Piala/Liga Champions. Trofi tersebut sekaligus menjadi gelar juara perdana untuk Man City di ajang itu.

Sementara itu, Liverpool menjadi klub Inggris tersukses di Piala/Liga Champions dengan meraih enam gelar. Di susul Manchester United (3 gelar), Chelsea (2 gelar), Nottingham Forest (2 gelar), dan Aston Villa (1 gelar).

 

3 dari 4 halaman

Pencapaian Wakil Italia

Di sisi lain, wakil Italia sudah 29 kali tampil di final Piala/Liga Champions. Jumlah itu membuat klub Liga Italia menjadi negara kedua yang paling sering lolos ke final turnamen tersebut.

Namun, wakil Italia kesulitan meraih titel juara. Dari 28 edisi sebelumnya, klub Serie A tercatat hanya mampu merengkuh 12 trofi juara.

AC Milan masih menjadi klub Italia tersukses di Piala/Liga Champions dengan torehan tujuh titel juara. Di susul Inter Milan yang meraih tiga gelar juara dan Juventus dengan dua trofi.

Jika berhasil mengalahkan Manchester City, Inter akan merengkuh empat trofi dan menambah panjang daftar keberhasilan tim Italia di Piala/Liga Champions.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Minggu, 11 Juni 2023

Manchester City Vs Inter Milan

  • Ataturk Olympic Stadium, Istanbul
  • Kick-off: pukul 02.00 WIB
  • Siaran langsung: SCTV
  • Live streaming: Vidio
  • Link live streaming: https://www.vidio.com/categories/56-champions

Video Populer

Foto Populer