Sukses


Batal! Raker Komisi X DPR dengan Menpora soal Pembekuan PSSI

Bola.com, Jakarta Rapat kerja (Raker) antara Komisi X DPR RI dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di Gedung DPR RI, Rabu (24/6) siang, batal terselenggara. Anggota dewan kecewa karena Menpora mengabaikan keputusan Raker sebelumnya.

Hasil Raker Komisi X dan Menpora pada tanggal 10 Juni lalu meminta Menpora bertemu PSSI paling lambat pada 23 Juni. Keduanya diharapkan menggelar pembicaraan soal penyelenggaraan kompetisi dan langkah-langkah perdamaian untuk mengakhiri sanksi FIFA.

Namun, Menpora  justru malah bertemu Ketua Umum PSSI 2011-2015, Djohar Arifin Husin. Padahal, saat ini La Nyalla Mahmud Mattalitti yang berstatus sebagai orang nomor satu PSSI.

"Kita batalkan Raker dengan Menpora usai rapat intern kami pukul 12.00 WIB. Raker sendiri seharusnya dimulai pukul 13.00 siang," ujar Ridwan Hisjam saat jumpa wartawan, Rabu (24/6).

Ridwan menambahkan, berdasarkan pasal 98 ayat 6 UU no 17 tahun 2014 Jo UU no 42 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD menyatakan bahwa keputusan dan kesimpulan Raker komisi atau gabungan komisi bersifat mengikat antara DPR dan pemerintah.

"Kami kecewa hingga batas waktu yang ditentukan pada tanggal 23 Juni 2015, Menpora tidak melakukan pertemuan dengan PSSI yang diakui FIFA," ujar Ridwan.

Berdasarkan hasil penetapan PTUN Jakarta No 91/G/2015/PTUN.JKT tanggal 25 Mei, Menpora diminta mencabut pembekuan SK Menpora RI No 01307 tahun 2015. Anggota DPR juga menginstruksikan agar Imam Nahrawi mematuhi titah pengadilan tersebut. "Sayangnya permintaan ini pun diabaikan," papar Ridwan.

Ridwan membeberkan bahwa setelah membatalkan Raker dengan Menpora hari ini, Komisi X langsung melakukan rapat koordinasi dengan pimpinan DPR RI untuk menanyakan perkembangan surat pimpinan DPR RI kepada Presiden RI nomor PW/08304/DPR-RI/V/2015 tanggal 28 Mei 2015 yang meminta Presiden untuk memerintahkan Menpora untuk segera mengakhiri kisruh permasalahan sepakbola nasional.

Baca Juga:

Komite Etik PSSI: Tidak Etis Djohar Arifin Mengaku Ketua PSSI

Menpora Imam Nahrawi: Ketua PSSI Djohar Arifin!

Undang Djohar Arifin, Menpora Dituding Melecehkan PSSI

Video Populer

Foto Populer