Sukses


Wawancara Ibnu Grahan: Persib Lawan Terberat Persebaya

Bola.com, Surabaya - Sejak awal persiapan Piala Presiden, skuat Persebaya Surabaya nyaris tak pernah lengkap. Selalu saja ada pemain yang absen. Padahal Tim Bajul Ijo memancang target juara di turnamen ini.

Bagaimana tanggapan pelatih Persebaya, Ibnu Grahan soal kendala tersebut? dan bagaimana persiapan timnya terkini? Berikut petikan wawancara Bola.com dengan sang mentor:

Bagaimana persiapan Persebaya jelang Piala Presiden?

Alhamdulillah, semua berjalan bagus. Meski silih berganti para pemain absen karena ada hal-hal yang harus mereka selesaikan. Tapi secara keseluruhan tidak ada masalah. Semua pemain dalam kondisi fit, hanya Dany Saputra yang masih
dibelit cedera.

Kapan efektif latihan dengan skuat lengkap dan berapa pemain yang akan dibawa ke Bandung?

Baru Jumat (14/8/2015) ini semua pemain datang. Saat ini sebagian besar sudah ada di Surabaya. Hanya pemain dari luar Jawa yang belum kami panggil. Ke Bandung nanti saya hanya membawa 22 pemain saja. 

Berarti ada pemain yang tidak dibawa ke sana?

Iya, karena secara finansial terlalu berat bagi manajemen kalau semua pemain dibawa. Soal siapa yang harus kami tinggal, kami belum tentukan. Semua  keputusan akan kami buat beberapa hari menjelang keberangkatan. Yang jelas, kami hanya akan bawa pemain yang kondisinya bagus. 

Detailnya seperti apa?

Bagus kebugarannya, secara permainan juga kompak dengan pemain lain. Sehingga pola dan skema main yang saya rancang bisa berjalan lancar. Pastinya, semua pemain punya kesempatan yang sama. Mereka hanya butuh
menunjukkannya melalui latihan.      

Dengan persiapan semacam ini apakah Anda optimistis bisa penuhi target yang dibebankan manajemen?

Saya harus optimistis, kalau saya tidak optimistis, itu akan mempengaruhi  psikologis pemain saya. Tapi bukan semata-mata untuk mendongkrak kepercayaan diri pemain saja. Kami memang punya kekuatan dan kemampuan  yang sama, kami juga punya kesempatan yang sama dengan tim lain untuk meraih gelar. Selama berusaha keras, Allah SWT pasti beri jalan, saya yakini itu.

Bagaimana Anda melihat hasil drawing penyisihan?

Tidak ada masalah, saya cukup puas berada di Grup A bersama Persib Bandung, Persiba Balikpapan, dan Martapura FC. Saya yakin bisa lolos dari fase grup ini untuk melangkah ke babak selanjutnya.

Pelatih Persebaya Surabaya, Zaidan Nazarul, hanya akan menyiapkan 22 pemain saat tim asuhannya berlaga di Piala Presiden 2015. (Bola.com/Zaidan Nazarul)

Siapa menurut Anda lawan terberat di grup ini?

Tentu Persib. Selain tuan rumah, Persib juga didukung materi pemain berkualitas di semua lini. Apalagi dibanding tim lain, Persib kumpul lebih lama. Mereka masih bermain di AFC Cup ketika tim lain sudah tidak beraktivitas.

Bagaimana Persiba Balikpapan dan Martapura FC?

Meski buta kekuatan mereka terkini, saya yakin mereka tim bagus, semua tim akan menjadi lawan berat, tidak ada yang ringan karena mereka pasti juga mengusung ambisi yang sama dengan kami.

Baca Juga:

Wawancara Rasyid Bakri: Cinta dan Bangga PSM, Emoh ke Klub Lain

Wawancara Paulo Sitanggang: Ditawari Tes Klub Luar Negeri, tapi..

Wawancara Pelatih PSM: Tekad Kembalikan Nama Besar Juku Eja

Video Populer

Foto Populer