Sukses


Prediksi Arema vs Persela: Agresivitas atau Pertahanan Kuat?

Bola.com, Malang - Persela Lamongan akan memulai laga perdananya di turnamen Piala Presiden 2015 berhadapan dengan tuan rumah Grup B, Arema Cronus, di Stadion Kanjuruhan Malang, Selasa (2/9/2015). Pertandingan ini akan berjalan sengit mengingat kedua tim berasal dari Jawa Timur.

Dua kontestan lain di Grup B, yakni Sriwijaya FC berasal dari Sumatra Selatan sementara PSGC datang dari Ciamis, Jawa Barat.

Jadi, bagi kedua tim, partai ini bukanlah pertandingan biasa. Pasalnya, Arema dan Persela ingin membuktikan siapa tim penguasa dari Jawa Timur, serta menjaga asa mereka untuk melaju di turnamen garapan Mahaka Sports and Entertainment tersebut. Kendati, keduanya selama ini kerap bersua dalam kompetisi reguler, ISL.

Di atas kertas Arema lebih diunggulkan di laga ini mengingat mereka mempunyai beberapa pemain bintang yang kemampuannya tak perlu diragukan lagi. Seperti Samsul Arif, Ahmad Bustomi, Cristian Gonzales, dan pemain anyar Singo Edan asal Afrika, Lancine Kone.

Selain itu dukungan dari Aremania bisa menjadi pemain ke-12 yang meningkatkan motivasi para pemain Singo Edan ketika mereka bertanding. Apalagi, Aremania dikenal mempunyai kesolidan yang luar biasa ketika memberikan dukungan untuk tim yang mereka cintai.

Tak sampai di situ, para penggawa Arema bertekad memberikan hasil yang maksimal di turnamen ini, untuk mendiang pelatih kepala, Suharno. Pria asal Klaten, Jawa Tengah tersebut, meninggal dunia akibat serangan jantung usai memimpin latihan Ahmad Bustomi dkk. pada Rabu (19/8/2015) malam WIB.

Sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum Suharno, manajemen Arema sengaja tidak mencari pelatih baru. CEO Arema, Iwan Budianto, menyatakan jabatan pelatih kepala tetap dikosongkan di Piala Presiden ini. Singo Edan hanya menunjuk asisten pelatih Joko Susilo sebagai pelatih sementara. Pita hitam juga akan dikenakan skuat Kera-Kera Ngalam sepanjang penyelenggaraan Piala Presiden.

Bicara statistik, Arema juga lebih unggul dari Persela. Kedua tim telah bertemu sebanyak 24 kali, dan hasilnya Arema memenangi laga sebanyak 12 kali, kalah enam kali, dan sisanya berakhir dengan imbang. Meski begitu Joko Susilo mengingatkan anak asuhnya tidak jemawa.

"Persela punya kecepatan yang sering mereka tunjukkan atas lawan-lawannya. Saya kenal dengan cara bermain Didik Ludiyanto, karena dia adalah pelatih yang mengandalkan kekuatan dan kecepatan para pemainnya," kata Joko.

"Salah jika meremehkan kekuatan Persela, karena mereka juga menyiapkan kekuatan terbaiknya melawan Arema," ia menambahkan.

Untuk mendobrak pertahanan lawan, Arema kemungkinan menyiapkan formasi 4-3-1-2. Masuknya Lancine Kone bakal menjadikan duet Samsul Arif-Cristian Gonzales berpeluang jadi lebih tajam. Bahkan, Kone selama ini dikenal tak kenal ampun bila sudah mendekati daerah pertahanan lawan. Tembakan maupun umpannya kerap merepotkan bek-bek dan penjaga gawang tim lawan.

Pelatih Persela, Didik Ludiyanto, menegaskan timnya sedang melakukan perbaikan di lini belakang. Pasalnya, menurut Didik tim kuat adalah tim yang mempunyai para pemain bertahan yang solid agar susah ditembus penyerang lawan.

"Saya punya pandangan kalau kekuatan tim itu berawal dari pertahanan yang solid. Kalau pertahanan kokoh, daya serang baru bisa berbicara," ucap Didik.

Soal materi tim, Persela masih mengandalkan mayoritas pemain yang memperkuat tim ini di ISL 2015. Mulai kiper, lini belakang, tengah, hingga depan, hampir tidak ada perubahan berarti. Dalam skuat untuk Piala Presiden ini masih ada Choirul Huda kiper abadi Persela, kemudian di barisan belakang antara lain ada Taufiq Kasrun dan Mahyadi Panggabean.

Sedangkan di lini tengah salah satu pemain abadi lainnya adalah Zaenal Arifin, juga ada Arif Aryanto, Radikal Idealis. Untuk lini depan Persela mengandalkan Bijahil Calwa, Agus Salim, Eki Nurhakim.

Jadi, siapa yang akan memenangi duel ini? Arema yang agresif dalam menyerang atau Persela yang cenderung lebih menyukai pertahanan tangguh, namun juga sering mengejutkan dengan kecepatan mereka?

Baca Juga:

Arema demi Suharno, SFC Penasaran, PSGC dan Persela Kuda Hitam

Prediksi Mitra Kukar vs Persita: Naga Mekes Lebih Lengkap

Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Presiden 2015

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer