Sukses


Bonek Bersatu tapi Tidak Otomatis Dukung Surabaya United

Bola.com, Jakarta - Sejak bersatu sekitar sepekan lalu, Bonekmania-Bonek 1927 memang menolak untuk berkomitmen untuk memberi dukungan pada Surabaya United saat berlaga di babak penyisihan Grup C Piala Jenderal Sudirman. Namun, mereka tak mengharamkan anggota Bonek yang ingin menyaksikan Evan Dimas Darmono dkk beraksi di lapangan. Intinya pasca perdamaian mereka bersikap netral.

Hal itu disampaikan oleh Hamin Gimbal dan Andie Peci. Dua dedengkot Bonekmania itu mempersilahkan anggotanya menonton langsung klub yang bermarkas di Jemursari Selatan, Surabaya itu.

“Yang jelas kami tidak bisa datang. Kalau ada teman-teman yang berangkat, tidak masalah, kami tak pernah melarangnya,” jelas Hamin yang diamini Andie.

Hamin tak memungkiri, banyak rekan-rekannya yang ingin melihat tim yang dulu menggunakan nama Persebaya itu tampil di babak penyisihan Grup C Piala Jenderal Sudirman di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Hamin yakin, jumlah Bonek yang datang ke Sidoarjo berjumlah ribuan. Namun ia juga percaya, mereka berangkat atas inisiatif sendiri, bukan terkoordinasi seperti sebelumnya.

“Kalau saya dan teman-teman pengurus Bonek tidak akan hadir di sana. Saya harus konsisten demi menjaga keharmonisan di internal Bonek,” kata Hamin.

Sang dedengkot Bonekmania, yang selama ini loyal ke Persebaya versi ISL, juga tak bisa memastikan apakah dengan bersatunya Bonek, dukungan pada Surabaya United.

Semuanya menurut Hamin tergantung perkembangan situasi sepak bola di Surabaya, juga sikap rekan-rekannya yang sebelumnya mendukung Persebaya 1927.

“Semua bisa terjadi, tapi kapan saya tidak tahu. Yang jelas kami sangat menghargai dan mengakomodasi aspirasi teman-teman. Jangan sampai ada yang merasa dikhianati, atau melakukan penkhianatan,” jelas Andie.

Hanya saja, ia tak yakin dalam waktu dekat rekan-rekannya di Bonek akan melanggar komitmen awal terkait dukungan yang mereka berikan. Seperti diketahui, mereka berjanji tidak akan mendukung Persebaya 1927 dan Surabaya United. Intinya Bonek kini bersikap netral.

“Sebelum ada kesepakatan di antara kami, saya percaya teman-teman bisa pegang komitmen. Namun jika dalam perkembangannya ada perubahan, saya tidak tahu lagi. Karena akan sulit menentang arus besar yang datang dari bawah,” tambah Devara Noumanto, pentolan Bonek lainnya.

Tim Surabaya United bakal melakoni pertandingan perdana penyisihan Grup C Piala Jenderal Sudirman melawan PS TNI pada Minggu (15/11/2015) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Video Populer

Foto Populer