Sukses


Pelatih Timnas Pra Piala Dunia 1986, Sinyo Aliandoe Tutup Usia

Bola.com, Jakarta - Kabar duka menghampiri sepak bola Tanah Air. Salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, Sinyo Aliandoe meninggal dunia pada usia 77 tahun. Mantan pelatih timnas dan Persija ini menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Mayapada, Cinere, Depok, Jawa Barat, Rabu (18/11/2015).

Menurut keterangan anak bungsu Sinyo, Theodorus Aliandoe, pelatih Timnas di Kualifikasi Piala Dunia 1986 itu menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 07.00 WIB dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Mayapada, Cinere. Dari diagnosa dokter, almarhum Sinyo Aliandoe meninggal dunia karena penyakit jantung.

“Kondisi bapak memang sudah menurun sejak bulan April. Ingatan juga sudah berkurang dan suka nyasar, belakangan kondisi bapak makin melemah dan lebih banyak di rumah. Bapak mengalami demensia (pikun) akut,” kata Theodorus saat dijumpai di rumah duka Rumah Sakit Carolus, Jakarta Pusat.

Pria bernama lengkap Sebastian Sinyo Aliandoe ini dikenal sebagai salah satu pelatih bertangan dingin yang pernah dimiliki Indonesia. Pelatih kelahiran Larantuka, Flores Timur, 1 Juli 1938 pernah hampir membawa Indonesia melangkah ke Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Namun, langkah Indonesia terhenti pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 1986 setelah takluk secara agregat 1-6 dari Korea Selatan. Selain kiprah manis bersama Timnas, Sinyo Aliandoe yang pernah menimba ilmu kepelatihan di Inggris juga pernah membawa Persija Jakarta meraih tiga gelar juara Perserikatan.

Video Populer

Foto Populer