Sukses


Kiper Timnas PPD 86, Hermansyah: Om Sinyo Galak Hanya di Lapangan

Bola.com, Jakarta - Kiper timnas Indonesia di era 80-an, Hermansyah, mengenang Sinyo Aliandoe sebagai sosok pelatih istimewa. Hermansyah menjadi kiper andalan timnas yang diasuh Sinyo saat berlaga di ajang Pra Piala Dunia 1986 yang digelar pada tahun 1985.

Sinyo Aliandoe meninggal dunia di RS Mayapada, Cinere, Rabu (18/11). Pelatih timnas Indonesia di ajang Pra Piala Dunia 1986 itu tutup usia di usia 77 tahun akibat penyakit jantung.

"Om Sinyo adalah pelatih yang disiplin. Dia hanya galak saat di lapangan," ucap Hermansyah, kiper utama di timnas PPD 1986.

Menurut Hermansyah, sosok pelatih asal Flores itu bisa sangat berbeda ketika berada di luar lapangan. Hal tersebut yang membuat pemain segan dan menghormati Sinyo tak hanya sebagai pelatih.

"Di luar lapangan beliau menganggap kami sebagai keluarga. Pribadi yang hangat. Hal itu membuat kami hormat dan menganggap beliau sebagai bapak," kata Hermansyah yang direkrut Sinyo dari proyek timnas Garuda I.

Sinyo membawa timnas Indonesia menjuarai grup 3B AFC Zona B di Pra Piala Dunia 1986. Ketika itu Hermansyah dkk. mengungguli Thailand, Bangladesh, dan India di grup.

Setelah memastikan diri menjadi juara grup, Indonesia menantang Korsel dengan format kandang-tandang. Tim Merah Putih harus menerima kegagalan lolos ke Piala Dunia 1986 Meksiko karena kalah 0-2 saat dijamu Korsel dan takluk 1-4 ketika bermain di Jakarta.

Video Populer

Foto Populer