Sukses


Niat Dongkrak Fisik, Pelatih Persipura Pilih Metode Senam Pilates

Bola.com, Denpasar - Pelatih Persipura Jayapura Oswaldo Lessa, berencana menggenjot latihan fisik anak asuhnya sebelum berlaga di babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman (PJS). Sebab pelatih asal Brasil tersebut menilai para pemain Mutiara Hitam, masih belum dalam level kebugaran terbaik.

Persipura lolos ke babak 8 besar sebagai juara Grup B dengan raihan sembilan poin di empat pertandingan. Mereka unggul enam angka atas Mitra Kukar dan Semen Padang yang juga lolos ke ronde selanjutnya. Tim Mutiara Hitam sempat kalah adu penalti melawan Bali United Pusam.

"Saya akan fokus untuk memperkuat kondisi fisik pemain. Karena itu adalah hal yang masih menjadi masalah selama kami bermain di babak penyisihan," kata Oswaldo.

Persipura selama ini dikenal sebagai tim yang kondisi fisiknya di atas rata-rata. Mereka seringkali tidak kesulitan menghadapi pertandingan ketat atau jadwal laga yang berdempetan.

Di Piala Jenderal Sudirman hal itu tidak terlihat. Ian Kabes dkk. seringkali terlihat keteteran menghadapi permainan cepat lawan-lawan penyisihan Grup B.

"Situasi ini tidak boleh terjadi di babak 8 besar nanti. Tensi persaingan akan lebih ketat, saya ingin pemain saya menjalani laga dalam kondisi yang selalu bugar," ujar nakhoda yang awal masuk ke Persipura dengan status sebagai pelatih fisik itu.

Metode latihan fisik yang digeber Oswaldo Lessa ke anak-anak Mutiara Hitam adalah kombinasi senam tradisional Pilates dengan FIFA 11+. Dua metode latihan fisik ini sudah dua tahun terakhir dipakai Persipura, dan dinilai cukup berhasil.

Selain Persipura Jayapura, ada tujuh tim lain yang lolos kebabak  8 delapan besar Piala Jenderal Sudirman (PJS). Mereka adalah Semen Padang, Persija Jakarta, Arema Cronus, PS TNI, Surabaya United, Pusamania Borneo FC, dan Mitra Kukar. Rencananya babak tersebut akan mulai dilaksanakan pada 12-22 Desember 2015.

Video Populer

Foto Populer