Sukses


Profil Patrick Cruz: Bomber Mitra Kukar Top Scorer Sementara PJS

Bola.com, Jakarta - Patrick Dos Santos Cruz jadi bintang muda Mitra Kukar yang paling bersinar di Piala Jenderal Sudirman. Striker asal Brasil itu meroket dengan menorehkan enam gol untuk Tim Naga Mekes, sekaligus jadi pencetak gol terbanyak sementara.

Mitra Kukar jadi klub Asia pertama yang diperkuat pemain berusia 22 tahun itu. Setelah ditempa di akademi sepak bola Sao Paulo FC sejak tahun 2008, Patrick bergabung di tim U-23 Corinthians, klub serie-A Brasil. Pemain yang memiliki tinggi badan 184 cm dan berat 78 kilogram ini ingin mencicipi kompetisi di Indonesia, sebagai bekal pengalaman berkarier di sepak bola.

“Begitu agen menawarkan saya bermain di Indonesia, saya cukup tertarik karena sudah banyak pemain Brasil di Indonesia. Bagi saya ini tantangan baru,” kata Patrick yang dijumpai bola.com di Solo belum lama ini. 

Patrick dikenal sebagai pribadi yang punya keinginan besar membawa timnya meraih hasil positif dalam pertandingan. Sebagai contoh, saat ia masih dalam pemulihan cedera abductor, ia mengatakan tetap bisa bermain setelah menjalani terapi.

Pelatih Jafri Sastra pun mengizinkan Patrick tampil membela Mitra Kukar pada laga melawan PS TNI, Minggu (20/12/2015) karena kondisinya sudah cukup baik. Tapi, Jafri sempat khawatir karena laga tersebut sangat krusial bagi Mitra Kukar.

“Dia tipe pemain yang punya tekad kuat, mungkin bisa dibilang keras kepala, tapi dia bisa membuktikan ucapannya. Saat pertama gabung Mitra Kukar, mereka tidak mengeluh padahal menempuh perjalanan jauh,” kata Jafri. 

Patrick jadi kunci kemenangan Mitra Kukar 3-1 atas PS TNI, dengan mencetak dua gol saat Mitra Kukar harus bermain dengan 10 orang. Dua gol Patrick mengantarkan Naga Mekes ke babak semifinal Piala Jenderal Sudirman.

Pemain Mitra Kukar, Patrick Cruz saat mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada laga Piala Jenderal Sudirman di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (12/12/2015). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Di luar lapangan, Patrick merupakan sosok yang ceria dan mudah bergaul. Meski baru beradaptasi dengan kultur Indonesia, Patrick dan dua rekannya dari Brasil, Arthur Cunha Da Rocha, dan Rodrigo Dos Santos bisa langsung kompak dengan rekan-rekannya di tim dan staf pelatih.

“Saya senang situasi tim yang ramai, berkumpul dengan pemain lain dan pelatih. Bila hanya diam di kamar, saya tidak nyaman,” ucapnya.

Adaptasi Patrick di Indonesia bisa dibilang singkat, padahal ia mengalami kendala bahasa. Hanya dalam waktu dua hari, Patrick bisa mengucapkan beberapa kalimat. Bagi Patrick, komunikasi dengan pelatih dan teman-temannya lebih mudah dengan bahasa Inggris atau bahasa tubuh.

"Sebenarnya soal bahasa simpel, tidak ada masalah. Saya sudah bisa mengucapkan beberapa kata," ucap pemain kelahiran 1 April 1993.

Patrick berharap bisa memberikan kontribusi positif buat Mitra Kukar yang akan bertarung di babak semifinal. Ia juga berharap tetap berada di Mitra Kukar dan tampil di kompetisi Indonesia Super League.

Data-Diri

Nama: Patrick Dos Santos Cruz
Postur: 184 cm/78 kg
Posisi: Striker
Klub Junior:
Sao Paulo

2008 - Juara Copa Brasil (Junior) (top scorer 23 gols)
2009 - Juara Piala Amerika Selatan antarklub junior (second Top Scorer 4 gol)
2010 - Juara Piala Sao Paulo Junior
2011 - Juara kompetisi Sao Paulo
2012 - pindah ke Corinthians

Sport Clube Corinthians 

2012 - BH Cup
2013 - Campeonato paulista
2014 - Tim U-23 Corinthians

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer