Sukses


2 Saran dari Kurniawan Dwi Yulianto buat Evan Dimas

Bola.com, Jakarta - Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, memberikan wejangan kepada Evan Dimas yang sedang berlatih bersama Espanyol B selama empat bulan. Mantan penyerang berjulukan si Kurus ini menyebut Evan harus berjuang keras serta tetap rendah hati jika ingin sukses di Eropa.

Kurniawan sempat merasakan berkarier di Eropa, saat Sampdoria meminangnya untuk masuk ke dalam akademi pada tahun 1994. Akan tetapi, pemain yang masuk dalam program PSSI Primavera gagal melanjutkan kiprah bersama Il Samp. 

Setelah itu, Kurniawan meneruskan karier di klub Swiss, FC Luzern. Dari 10 pertandingan, ia hanya mencetak satu gol. Pengalaman tersebut yang membuat Kurniawan tahu benar bagaimana kondisi sepak bola Eropa. Pertama, Evan harus memanfaatkan kesempatan untuk meraih banyak hal.

"Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan karena Evan saat ini sudah berada di jalur yang benar dengan memilih Spanyol," kata Kurniawan.

Yang terpenting buat Evan adalah memanfaatkan waktu selama berlatih dengan memberikan yang terbaik. Bila harus membentuk fisik lebih kuat, itu yang harus dilakukan karena salah satu kekurangan pemain Indonesia adalah dari segi fisik.

"Kompetisi dan pelatihan di Spanyol berada di level terbaik. Jadi, sekarang tinggal kembali ke diri Evan, apakah dia akan terus berjuang atau menyerah. Kami di Indonesia hanya bisa memberikan doa dan dukungan saja," jelas Kurniawan.

Hal kedua yang harus Evan lakukan adalah menyelami perbedaan sepak bola Indonesia dengan Eropa. Faktor mental menjadi sorotan utama Kurniawan yang menjadi kelemahan pemain Indonesia.

"Kadang mentalitas pemain yang masih kurang di Indonesia karena sejak kecil tidak pernah diajarkan untuk menguatkan mental menjadi mental juara. Sedangkan di Eropa sudah melakukan itu, jadi sejak dini para pemain di Eropa sudah mempunyai jiwa kompetitif meskipun pengajarannya tidak berbeda jauh dari kita di Indonesia," ungkap Kurniawan.

"Lalu soal makan, di Eropa pemain usia 13 tahun saja sudah tahu apa makanan yang tidak boleh dimakan seorang atlet. Di sini hal itu masih sulit, bahkan level senior juga kadang harus diingatkan dulu mana yang boleh dimakan atau tidak," tutur Kurniawan yang pernah bermain untuk Pelita Jaya, PSM, Persebaya, Persija dan Persitara ini.

Kurniawan lalu memberikan pesan kepada Evan Dimas yang sedang menimba ilmu di Espanyol. "Pesan saya, jangan berhenti belajar dan menyerah tapi yang terpenting tetap rendah diri," Kurniawan mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer