Sukses


FC Tokyo Berbagi Ilmu Sepak Bola di Jakarta

Bola.com, Tokyo - Klub peserta J1-League, FC Tokyo, dijadwalkan menggelar coaching clinic (klinik kepelatihan sepak bola) di Jakarta. Klinik kepelatihan ini jadi yang kedua yang digelar sejak 2016.

Pada Januari lalu, FC Tokyo sudah menggelar klinik kepelatihan. Ketika itu acara transfer ilmu ini diselenggarakan dalam dua bagian, yakni 11-27 Januari 2016 dan dilanjutkan pada sesi kedua, 15-21 Februari 2016.

Kali ini, sesuai informasi yang disampaikan bagian Hubungan Internasional J-League kepada bola.com, coaching clinic digelar pada 7-12 Maret 2016. Lokasi klinik kepelatihan masih sama seperti bagian pertama, yakni di Lapangan Pertamina Simprug, Jakarta.

"FC Tokyo akan mengirim tim pelatih untuk mengadakan coaching clinic untuk Pertamina Soccer School," ungkap Kei Koyama, staf Hubungan Internasional J-League.

Pada bagian pertama lalu, klinik kepelatihan ini terselenggara sebagai bagian "Sports for Tomorrow (olahraga untuk masa depan)" yakni sebuah kampanye yang digalakkan pemerintah Jepang. Agenda ini juga bagian kerja sama dengan J-League serta pusat Japan Foundation Asia. Buat FC Tokyo, kegiatan ini jadi salah satu kontribusi mereka dalam kancah sepak bola internasional.

Klinik kepelatihan yang digelar 8-12 Maret 2016 ini akan ditujukan untuk para pemain di bawah usia 18 tahun. Ada beberapa sesi yang diterapkan, seperti sesi praktik di lapangan dua kali sehari, masing-masing jam 09.00-12.00 dilanjutkan jam 16.00-18.00 WIB untuk setiap harinya.

Pada hari terakhir, yakni Sabtu (12/3/2016), materi klinik kepelatihan sepenuhnya diisi dengan gim hasil pelatihan selama lima hari sejak Senin (7/3/2016).

Salah seorang tim pelatih yang dikirim ke Indonesia, Takashi Okuhara, dalam Facebook FC Tokyo mengungkapkan kegembiraannya bisa mendapat kesempatan memberi masukan bermain bola yang benar bagi pemain muda Indonesia.

"Saya terkesan dengan kualitas yang dimiliki pemain yang tergabung di Pertamina Soccer School. Dari sisi fisik, mereka juga lebih tinggi dan besar daripada pemain seusia mereka di Jepang. Mereka juga punya teknik tinggi," kata Okuhara, pelatih FC Tokyo U-15, saat memberikan klinik kepelatihan di Jakarta pada 15-21 Februari 2016.

 

Video Populer

Foto Populer