Sukses


Oswaldo Lessa Siap bila Dipecat Persipura

Bola.com, Gianyar - Pelatih Persipura Jayapura, Oswaldo Lessa mengaku siap dipecat. Persipura telah tersingkir dari ajang Torabika Bhayangkara Cup 2016. Hasil imbang 0-0 saat melawan Arema Cronus, Minggu (27/3/2016) di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, tak berpengaruh lagi.

Hasul minor ini jadi kegagalan yang kedua selama Mutiara Hitam tampil di turnamen saat kompetisi vakum. Setelah absen di Piala Presiden, Ferinando Pahabol dkk. kandas di babak 8 besar Piala Jenderal Sudirman.

Oswaldo mengakui, tekanan melatih Persipura cukup berat. Ia pun memahami ada berbagai pihak, mulai dari suporter dan manajemen yang memberikan kritik atas kegagalan tersebut.

"Saya sudah biasa menghadapi situasi seperti ini. Kalau Persipura tidak lolos pasti ada tekanan kepada saya. Dari suporter ataupun manajemen. Itu biasa di tim besar. Mereka pasti berpikir ada yang kurang di tim ini," kata Oswaldo seusai pertandingan melawan Arema.

Pelatih asal Brasil secara jantan siap menerima risiko atas kegagalan Persipura. "Lebih baik saya diam. Terserah keputusan manajemen setelah turnamen ini. Kalau harus pergi, saya siap," imbuhnya.

Situasi yang dihadapi Oswaldo selama dua turnamen yang dihadapi Persipura memang cukup sulit. Khususnya di Piala Bhayangkara, Persipura ditinggal banyak pemain, termasuk enam pilar, Boaz Solossa, Imanuel Wanggai, Bio Paulin, Robertino Pugliara, Yoo Jae-hoon, dan Gerald Pangkali.

Praktis, Oswaldo harus bekerja keras memadukan pemain senior yang tersisa dengan pemain muda macam Osvaldo Haay, M. Tahir, Nelson hingga Nerius Alom.

"Kondisi saat ini banyak pemain baru dan itu tidak mudah. Apalagi banyak juga pemain muda di tim ini. Butuh waktu untuk mengembalikan Persipura seperti yang dulu dengan materi pemain sekarang," kata Lessa.

Oswaldo Lessa mengakui Persipura cukup kritis di posisi gelandang menyerang, posisi yang dulu diamankan Robertino Pugliara dan Imanuel Wanggai.

Ini menjadi pekerjaan berat Persipura Jayapura yang akan menghadapi Indonesia Soccer Championship, karena Manu Wangggai kemungkinan masih bertahan di klub Timor Leste, Carsae FC hingga Juni mendatang. Selain itu, Robertino Pugliara juga dikabarkan segera merapat ke Persib Bandung.

Video Populer

Foto Populer