Sukses


12 Tim Akan Bertarung dalam Liga Nusantara Zona Jateng

Bola.com, Semarang - Roda kompetisi terus diputar di wilayah Jawa Tengah. Dalam waktu dekat, sebanyak 12 tim bakal beradu performa mengikuti Liga Nusantara (Linus) Jateng 2016. Kick-off kompetisi amatir itu akan dimulai 24 April dengan diawali babak grup hingga final yang dijadwalkan berakhir 28 Agustus 2016.

Dua belas tim yang terjun di Linus Jateng adalah, Persik Kendal, Persis Muda Solo, Persebi Boyolali, dan Persekat Kabupaten Tegal (Grup A). Lalu Persiharjo Unsa-ASMI Sukoharjo, Persiku Kudus, Persekap Kabupaten Pekalongan, dan Persipa Pati. Sedangkan Grup C ditempati, PSD Demak, Persak Kebumen, Persikaba Blora, dan PSIP Pemalang.

Selain itu terdapat tim sepak bola PON Jateng yang bakal menghadapi beberapa klub dalam format eksibisi. Kompetisi itu akan dibuka duel tuan rumah Persik Kendal menjamu Persis Muda di Stadion Utama Kebondalem, Kendal, 24 April.

"Nantinya setiap juara dan runner-up grup melaju ke babak enam besar. Nanti enam tim itu kembali dibagi dalam dua grup untuk mencari tiket ke semifinal. Hanya ada satu tim yang melaju keputaran nasional. Adapun putaran nasional akan diikuti 34 tim mulai September mendatang," kata Panpel Liga Nusantara Jateng, Puthut Wibowo Adi.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jateng, Johar Lin Eng saat dihubungi bola.com menjelaskan, agenda Linus tahun ini sebagai persiapan menghadapi persaingan kompetisi musim 2018.

Pasalnya, pada 2018 muncul rencana Divisi Utama hanya akan beranggotakan 20 klub saja. Konsekuensinya, tim-tim Liga Nusantara akan lebih banyak sehingga persaingan makin ketat.

"Sehingga klub bisa persiapan mulai saat ini dan bisa bersaing saat Linus 2018 mendatang," ungkap Johar.

Liga Nusantara merupakan kompetisi sepakbola tingkat ketiga dalam sistem liga sepak bola Indonesia sejak tahun 2015. Kompetisi itu merupakan gabungan dari Divisi I hingga III Liga Indonesia.

Kompetisi penggabungan tiga divisi itu sejatinya sudah bergulir tahun lalu. Sayang Linus terhenti di tengah jalan usai Menpora Imam Nahrawi membekukan status kepengurusan PSSI.

Setelah melewati kevakuman kompetisi, klub Indonesia mulai ISL, Divisi Utama, hingga amatir akan menghadapi ajang dalam tajuk Indonesia Soccer Championsip yang digelar operator PT Gelora Trisula Semesta. Untuk klub Liga Nusantara, putaran nasional menggunakan titel Piala Nusantara. Sementara, ISC A untuk klub ISL dan ISC B untuk klub Divisi Utama.

Video Populer

Foto Populer