Sukses


Indra Sjafri Ingin Generasi Baru untuk Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Bali United, Indra Sjafri, menjadi pelatih terakhir yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pelatih Timnas Indonesia di kantor PSSI, Jakarta, Rabu (1/6/2016). Seusai mengikuti tes, pelatih asal Padang itu memastikan kesiapannya mengarsiteki Tim Merah-Putih.

"Menangani timnas, bukan persoalan siap atau tidak siap. Itu soal tanggung jawab, mengabdi untuk bangsa," ujar Indra seusai mengikuti tes dari tim panelis yang diisi Emral Abus, Rudy Keltjes, Benny Dollo, dan Sekjen PSSI, Azwan Karim.

"Saya juga tahu persis pemilik klub (Yabes Tanuri, CEO Bali United) saya akan memberikan dukungan untuk kepentingan nasional," ia melanjutkan.

Soal komposisi pemain, mantan pelatih Timnas U-19 itu enggan berandai-andai. Meski, ia tak memungkiri amat berharap para pemain baru akan bermunculan jika ia akhirnya resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas.

Indra juga melihat target meraih gelar juara di SEA Games 2017 lebih realistis ketimbang Piala AFF 2016 di Filipina dan Myanmar, 19 November-17 Desember 2016. 

"Itu salah satu keinginan saya. Kita harus memunculkan pemain-pemain baru yang dipadukan dengan pemain senior. Terpenting siapkan generasi baru pesepak bola Indonesia," ucap pelatih asal Batang Kapas, Padang ini.

Indra memang punya rekam jejak yang bagus untuk memunculkan para pemain muda. Terbukti, ia sukses membangun Timnas U-19 yang meraih gelar Piala AFF U-19 2013 dan lolos  ke putaran final Piala Asia 2014. Kala itu, bakat-bakat muda macam Evan Dimas Darmono, Ilham Udin Armaiyn, hingga Putu Gede Juni Antara mencuat permukaan.

Indra bersaing dengan Nilmaizar dan Rahmad Darmawan untuk mengisi pos pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Dari kabar yang beredar, pengumuman pelatih Timnas Indonesia definitif akan dilakukan seusai Rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada 3 Juni 2016.

 

Video Populer

Foto Populer