Sukses


Kriteria Pemain Muda untuk Skuat Timnas Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Tim pelatih Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2016 belum mengumumkan daftar pemain. Namun, PSSI menegaskan akan memaksimalkan pemain muda. Asisten pelatih timnas Wolfgang Pikal mengatakan, saat ini yang dibutuhkan oleh timnas adalah pemain muda yang punya kualitas bagus.

Menurut Pikal, dirinya dan Alfred Riedl masih terus melakukan pemantauan pemain lewat ajang Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo yang bergulir setiap pekan. Dari 18 kontestan, masing-masing klub memiliki paling tidak dua pemain muda potensial.

Ada beberapa syarat yang diberlakukan Alfred Riedl kepada pemain muda bila ingin masuk skuat timnas. Pertama, kemampuan membaca permainan dan teknik bagus menjadi penilaian dasar.

“Pemain muda juga harus punya disiplin tinggi, memiliki kecepatan dan fisik yang bagus. Lebih dari itu, pemain juga punya teknik dasar dan pemahaman taktik pertandingan yang baik,” lanjut eks pelatih PSM Makassar itu.

Meski dari PSSI menginginkan mayoritas skuat timnas Indonesia diis oleh pemain muda usia, tapi tak menutup kemungkinan pemain senior juga akan dipanggil oleh Alfred Riedl. Apalagi Alfred juga ingin bebas memilih pemain sesuai dengan kebutuhan menghadapi Piala AFF.

Soal pemain muda, Pikal mengakui pada ajang TSC banyak nama-nama yang punya kans besar masuk skuat. Tapi, Pikal masih enggan membocorkan siapa saja pemain yang akan masuk ke dalam susunan pemain timnas.

“Kami maunya mayoritas pemain muda. Namun bukan muda saja, pemain juga harus punya kualitas bagus,” ujar Pikal.

Ada beberapa pemain muda yang diyakini akan menjadi bagian dari timnas Indonesia. Dari Persija, Ambrizal Umanailo dan Andik Rendika Rama cukup menarik perhatian Pikal.

Belum lagi Irsyad Maulana di Semen Padang. Lalu Evan Dimas, M. Hargianto, dan Ilham Udin Armayn dari Bhayangkara Surabaya United. Nama Teja Paku Alam (Sriwijaya FC), Muhammad Tahir dan Nelson Alom (Persipura)  juga masuk daftar pemain yang dipantau berkat performa gemilang di TSC 2016.

Video Populer

Foto Populer