Sukses


Piala AFF Wanita: Timor Leste Kebobolan 37 Gol dalam 2 Laga

Bola.com, Myanmar - Kemenangan dengan skor besar tercipta di Piala AFF Wanita 2016. Pada penyisihan Grup B, Jumat (29/7/2016) malam, Australia tanpa ampun memberondong Timor Leste dengan 20 gol tanpa balas dalam duel yang dimainkan di Stadion Mandalar Thiri, Mandalay, Myanmar.

Yang membuat makin luar biasa, Australia menurunkan timnas U-20 dalam turnamen ini. Seperti dilansir dari situs resmi Federasi Sepak Bola Australia (FFA), ke-23 pemain yang diberangkatkan ke Myanmar, mayoritas berusia 19 tahun dan beberapa bahkan kurang dari 19 tahun.

Sementara kontestan lain, menurunkan tim "normal" lantaran Piala AFF memang turnamen terbuka dan bukan ditujukan untuk timnas kelompok usia.

Timpangnya kekuatan membuat The Young Matildas, julukan timnas wanita Australia, terlihat gampang membobol gawang Timor Leste. Pada menit ke-2, Australia sudah melesakkan gol pertama dan disusul gol-gol selanjutnya. Saat turun minum, mereka sudah unggul 12-0.

15 menit setelah babak kedua berjalan, tim asuhan pelatih Craig Deans ini memperbesar keunggulan jadi 20-0 dan setelah itu mereka menurunkan serangan hingga pertandingan berakhir.

Pesta 20 gol itu diciptakan oleh total sembilan pemain. Lima pemain di antaranya mencetak hattrick, satu pemain lagi mencetak dua gol, dan sisanya melesakkan sebiji gol.

"Sangat menggembirakan bisa menang lagi dan memberikan kesempatan bermain pada anak-anak yang belum turun pada laga pertama," kata Craig Deans.

"Kami sekarang menanti laga selanjutnya melawan Myanmar, yang akan memberikan tantangan berat, baik dari sisi penampilan di lapangan maupun dari dukungan suporter tuan rumah," lanjut sang pelatih. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Rekor baru

Kemenangan 20-0 jadi rekor baru di ajang Piala AFF Wanita edisi tahun ini. Dua hari sebelumnya, Timor Leste sudah digulung tim tuan rumah, juga dengan marjin lebar, 0-17!

Tidak meratanya kekuatan antartim peserta juga terlihat di Grup A. Pada laga pertama lalu, Selasa (26/7/2016), Vietnam dengan perkasa menumbangkan Singapura dengan skor 14-0.

Australia U-20 dan Myanmar sama-sama mengemas poin enam hasil dua kemenangan di dua laga. Sedangkan di Grup A, Vietnam dan Thailand juga mengoleksi poin enam dari dua kemenangan.

Bentrokan untuk memastikan posisi juara dan runner-up di Grup A terjadi pada Sabtu (30/7/2016) ini saat Vietnam meladeni Thailand. Sedangkan di Grup B, partai penentuan dimainkan Minggu (31/7/2016) untuk kepastian juara dan runner-up grup.

Timnas Australia U-20 memberondong Timor Leste 20-0 pada penyisihan Grup B Piala AFF Wanita 2016, Jumat (29/7/2016) malam. (Bola.com/AFF)

Piala AFF Wanita 2016 bergulir sejak 26 Juli hingga 4 Agustus 2016, diikuti delapan negara, yakni Thailand, Filipina, Vietnam, dan Singapura (Grup A), Australia, Timor Leste, Malaysia, dan tuan rumah Myanmar (Grup B).

Sama seperti Piala AFF untuk timnas kategori putra, dua tim teratas dari masing-masing grup melaju ke semifinal. Namun, berbeda dengan Piala AFF untuk putra, Piala AFF Wanita 2016 digelar dengan sistem home tournament sehingga partai semifinal hingga final tetap berlangsung di Mandalay.

Juara bertahan Piala AFF Wanita adalah Thailand setelah di final pada 2015 menumbangkan Myanmar. Sementara Indonesia, pada tahun ini absen karena saat masa pendaftaran masih terkena sanksi FIFA. Tahun lalu Indonesia gagal lolos ke semifinal karena jadi juru kunci di fase penyisihan Grup A dengan catatan selalu kalah dari tiga pertandingan yang dijalani.

 

Video Populer

Foto Populer