Sukses


Jawaban Pelatih Timnas Senior soal Panggilan Lebih dari 2 Pemain

Bola.com, Jakarta - Melalui PSSI, pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, sudah memanggil sebanyak 47 pemain yang akan diseleksinya untuk tim yang disiapkan tampil di Piala AFF 2016. Dari daftar yang sudah dirilis, 15 dari 18 klub peserta Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo, menyumbang pemain.

Tidak seperti kesepakatan sebelumnya, di mana klub hanya melepas dua pemain, Alfred memanggil pemain dari 15 klub itu dalam jumlah bervariasi. Semisal Persib, yang harus melepas enam pemain, atau Arema dengan lima pemain.

Terkait hal itu, asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, meminta klub tak perlu khawatir karena para pemain yang dipanggil itu masih dalam tahap diseleksi. Waktu yang digunakan untuk seleksi pun terhitung singkat sehingga diharapkan tidak mengganggu persiapan klub yang sedang bertanding di TSC 2016.

"Alfred Riedl masih ingin melihat kemampuan pemain secara langsung, dari dekat. Jadi, ini masih seleksi," kata Pikal.

Dengan begitu, ada kemungkinan klub nantinya memang hanya melepas dua pemain seperti yang disepakati. Namun, bisa juga terjadi hal sebaliknya. Pikal mengaku masih belum mengetahui bagaimana nantinya bila saat pemusatan latihan tahap kedua berjalan, dan Alfred menginginkan lebih dari dua pemain dari klub yang sama untuk bergabung.

"Soal itu, saya belum tahu bagaimana mekanismenya. Saat ini kami lihat kemampuan pemain terlebih dulu," ucapnya.

Di sisi lain, asisten pelatih asal Austria itu menegaskan bila ke-47 pemain yang sudah mendapat panggilan itu tidak bersifat mutlak. Artinya, dalam perjalanannya, Alfred bisa saja memanggil pemain lagi, di luar daftar itu.

"Bisa saja nanti ada pemain lain yang masuk karena pemain yang di dalam daftar ini cedera atau ada pemain yang memang lebih bagus tapi terlewatkan dalam masa pantauan kemarin," lanjut Pikal kepada Bola.com.

Untuk sementara, ke-47 pemain itu akan diseleksi dalam dua gelombang. Gelombang pertama digelar pada 8-11 Agustus 2016 sedangkan gelombang kedua pada 15-18 Agustus 2016.

 

Video Populer

Foto Populer