Sukses


Sosok Alfred Riedl di Mata Bintang PS TNI Manahati Lestusen

Bola.com, Bogor - Pemain andalan PS TNI, Manahati Lestusen bangga diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia yang ditangani Alfred Riedl. Menurut Manahati, Alfred Riedl adalah pelatih yang sangat adil sehingga keputusannya tak diragukan lagi dalam menentukan pemain-pemain yang layak masuk skuat Timnas Senior untuk Piala AFF 2016.

Manahati Lestusen masuk dalam daftar 47 pemain yang akan diseleksi pelatih berkebangsaan Austria ini. Pemain akan menjalani pemusatan latihan secara bertahap mulai pertengahan Agustus mendatang.

Bagi Manahati, ini pertemuan kedua dengan Alfred Riedl. Pada Piala AFF 2012, pemain asal Liang, Maluku Tengah, menjalani debut timnas senior di tangan Alfred Riedl. Sayang, petualangan Indonesia terhenti di babak penyisihan grup.

Di Piala AFF 2016, Indonesia tergabung dalam grup neraka karena diisi tim-tim kuat, Thailand, Singapura, dan tuan rumah Fhilipina. Manahati pun bertekad untuk unjuk gigi di hadapan Alfred Riedl agar terpilih masuk tim inti Piala AFF 2016.

"Coach Alfred Riedl adalah sosok pelatih yang sangat disiplin. Dia sangat tahu kemampuan setiap pemain sehingga para pemain pasti harus bekerja keras untuk membuktikan diri agar terpilih," kata Manahati kepada Bola.com, Jumat (05/8/2017).

Harapan pun melambung dari pemain yang kenyang pengalaman di Timnas U-23. Manahati berharap, di tangan Alferd Riedl, Indonesia bisa bersaing di Piala AFF. Selain itu, peringkat Indonesia bisa kembali membaik setelah merosot tajam akibat kisruh yang melanda sehingga berimbas sanksi FIFA pada Mei 2015.

Akibat vakum, persepakbolaan Indonesia pun terisolir dan tidak bisa menjalani pertandingan internasional, sehingga secara peringkat kalah bersaing dengan negara-negara kecil termasuk Timor Leste.

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl saat berbincang dengan Bola.com di Sentul, Jakarta, Minggu (19/6/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Menurut data bulan Juni, Indonesia berada di urutan 187 dengan 65 poin. Untuk Asia Tenggara, Indonesia hanya berada di atas Brunei Darussalam dan tertinggal dari Malaysia, Singapura, serta Thailand yang kerap menjadi musuh bebuyutan dalam berbagai ajang internasional.

"Saya berharap keikutsertaan Indonesia di Piala AFF 2016 bisa memperbaiki peringkat, seharusnya Indonesia tidak berada seperti sekarang dan hal itu sangat mengkhawatirkan," kata Manahati mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer