Sukses


Pikal: Uji Coba Tandang Internasional Penting untuk Timnas

Bola.com, Jakarta - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, mengatakan Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF 2016 membutuhkan beberapa uji coba, termasuk uji coba tandang internasional. Tim pelatih timnas ingin melihat mental bermain para pemain jika tampil dalam pertandingan tandang.

Pikal memandang perlunya uji coba di luar Indonesia, untuk melihat mental serta ketahanan fisik jika menghadapi tim asing. Dengan persiapan yang mepet, Alfred Riedl beserta staf pelatih ingin menggeber taktik dan strategi dalam skema pertandingan.

"Kami perlu uji coba di luar Indonesia. Kami ingin melihat mental pemain di kandang lawan karena sering ada calon pemain timnas yang main di klub bagus, tapi ketika bermain di kandang lawan malah tidak terlihat kemampuannya," ujar Pikal kepada Bola.com.

Permasalahan mental memang masih menjadi kendala bagi timnas. Tidak adanya pertandingan internasional lebih dari setahun terakhir akibat sanksi pembekuan FIFA membuat pemain tidak bisa merasakan pertandingan di luar Indonesia.

"Sekarang kami sudah tahu grup Indonesia di Piala AFF nanti. Kami ingin membuat rencana dengan baik bersama PSSI. Ada baiknya awal Oktober kami sudah bersiap dan melakukan uji coba sebanyak-banyaknya," lanjut Pikal.

Timnas Indonesia direncanakan akan melakukan uji coba melawan Malaysia pada 6 September 2016 di Surabaya. Selain itu, beberapa uji coba dengan negara lain juga sedang dirancang oleh PSSI.

"PSSI sudah berkomunikasi dengan Vietnam. Mereka ingin melakukan uji coba dengan menggunakan sistem kandang-tandang. Tapi, kami belum tentukan tanggalnya karena harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan pelatih," ujar Azwan Karim, saat ditemui di Lapangan POR Sawangan, Depok, Jawa Barat, Jumat (6/8/2016).

 

 

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer