Sukses


Timnas U-19 Terancam Batal Lawan Filipina dan Singapura

Bola.com, Yogyakarta - Pelatih Timnas U-19, Eduard Tjong sedang galau. Hal ini dikarenakan dua laga uji coba internasional melawan Filipina dan Singapura yang rencananya berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, terancam batal.

Edu, sapaan akrab Eduard Tjong, belum mendapatkan perkembangan terbaru mengenai dua laga uji coba itu hingga kini. Padahal, agenda latih tanding internasional jadi sarana menempa mental bagi Bagas Adi Nugroho dan kawan-kawan.

''Dua laga itu belum ada kepastian, kemungkinan besar batal karena tidak ada kejelasan. Terpaksa kami ubah agenda,'' kata Edu usai memimpin latihan di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Kamis (11/8/2016).

Mantan pelatih PS TNI itu menjelaskan, idealnya Timnas Garuda Jaya menggelar 5 sampai 6 uji coba sebelum berangkat ke Vietnam. Dari total laga itu, dua diantaranya menghadapi kontestan lain, namun tidak satu grup dengan Indonesia.

''Kalau sampai tidak ada uji coba internasional ya sangat disayangkan karena itu penting untuk pemantapan tim,'' ucap mantan pelatih PS TNI ini.

Saat ini, pelatih asal Solo itu bakal menyiapkan agenda cadangan jika laga internasional akhirnya tak bisa digelar. Rencananya tim-tim lokal di wilayah Yogyakarta dan sekitar seperti Persiba Bantul, PSS Sleman, dan PSIM Yogyakarta bakal dijajaki sebagai lawan tanding. 

Edu juga terus berkomunikasi dengan pelatih PON Jateng, Anjar Jambore terkait ajakan uji coba. Terlebih PON Jateng menggelar pemusatan latihan di Magelang yang jaraknya tak jauh dari Yogyakarta.

Selain itu, rencana lain adalah menjajal kekuatan Bhayangkara Surabaua United U-21 dan Bali United U-21. Khsusus dua tim itu, Edu ingin laga digelar di markas lawan.

''Saya ingin kepastian uji coba internasional minggu ini karena pekan depan sudah harus uji coba. Performa pemain memang menunjukkan progres positif dalam latihan, namun tetap perlu latih tanding bahkan dengan tim di atas mereka agar benar-benar teruji,'' ia menegaskan.

Timnas U-19 tergabung di grup B Piala AFF U-19 bersama dengan Australia, Thailand, Myanmar, dan Laos. Sedangkan Vietnam, Malaysia, Timor Leste, Singapura, Filipina akan beradu di Grup A.

 

Video Populer

Foto Populer