Sukses


Relakan Awan Setho, PON Jateng Menanti 2 Pemain Seleksi Timnas

Bola.com, Semarang - Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19 Jawa Barat bergulir mulai 17-29 September. Sepak bola merupakan cabang yang bergengsi meski hanya memperebutkan satu medali. Provinsi pun berhasrat menurunkan pemain terbaik level timnas.

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang berambisi meraih emas pada gelaran tahun ini setelah pada edisi sebelumnya meraih perunggu. Jateng sudah mendaftarkan pemain terbaik, termasuk dua nama yang mengikuti seleksi Timnas Senior, Ricky Fajrin Saputra (Bali United) dan Septian David Maulana (Mitra Kukar). 

"Kami tetap daftarkan Ricky Fajrin dan David Maulana. Seandainya mereka lolos seleksi dan dipersiapkan melawan Malaysia, kami masih punya waktu satu pekan. Tentu harapan kami, setelah agenda timnas selesai, klub mengizinkan mereka bergabung," kata Ketua Asprov PSSI Jateng, Johar Lin Eng.

Jateng berharap tidak kehilangan Ricky Fajrin dan David, mengingat satu pemain sudah dipastikan batal bergabung karena agenda timnas. Dia adalah kiper Awan Setho Raharjo yang mengikuti Piala AFF U-19 2016 di Vietnam yang jadwalnya hampir bersamaan dengan PON, yakni mulai 11-24 September.

Ditemui terpisah, Ricky Fajrin menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen Bali United. Bila diizinkan, dia siap membela Jateng. Apalagi sebagai putra daerah, Ricky ingin merasakan bertanding dalam multiajang empat tahunan. 

PON juga menjadi ajang bagi para atlet untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil. Dengan mendapat medali emas, atlet Jateng akan dipermudah masuk PNS di beberapa institusi, seperti Dinas Pemuda dan Olahraga.

"Terserah bagaimana kebijakan klub nantinya. Kalau diizinkan, saya ingin sekali main di PON. Tahun 2012 belum ada kesempatan karena usia saya masih muda," katanya.

Namun, keinginan Jateng untuk memboyong pemain dari klub terancam sulit. Jadwal padat di TSC menjadi salah satu penyebabnya. Manajer Operasional Mitra Kukar, Suwanto mengakatan, peluang klub melepas pemain ke PON kecil.

"Kami belum tahu kondisi tim saat PON berlangsung. Bila kekurangan pemain, tentu kami sulit melepas mereka. Tapi tetap ada peluang," katanya.

Selain Ricky Fajrin dan Septian David Maulana, Jateng juga mendaftarkan dua pemain PS TNI, Ravi Murdianto dan Wawan Febrianto. "Kami akan membujuk PS TNI untuk memanggil Ravi karena saat ini kami kekurangan pemain di posisi kiper," tegas Johar.

Video Populer

Foto Populer