Sukses


Gol Boaz-Irfan Warnai Kemenangan Telak Timnas atas Malaysia

Bola.com, Solo - Timnas Indonesia menang telak 3-0 atas Malaysia dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016) malam WIB. Kemenangan yang diraih Timnas Indonesia tercipta berkat dua gol dari kapten Timnas, Boaz Solossa dan satu gol, Irfan Bachdim.

Kemenangan dengan margin tiga gol atas Malaysia merupakan kemenangan pertama Timnas Indonesia pasca lepas dari sanksi FIFA pada 13 Mei 2016. Kemenangan ini juga menjadi modal bagus bagi tim asuhan Alfred Riedl untuk persiapan menuju Piala AFF 2016.

Bermain di hadapan publik sendiri, Timnas Indonesia unggul cepat pada menit ketujuh. Boaz membawa Timnas Indonesia unggul setelah tembakannya ke pojok kiri gawang tidak mampu dihalau, Khairul Fahmi.

Empat menit pasca gol Boaz, giliran tandemnnya di lini depan, Irfan Bachdim mencatatkan nama di papan skor. Kerja sama satu dua Irfan dan Boaz berujung gol kedua Timnas di laga ini.

Malaysia coba mengejar ketertinggalan melalui tendangan bebas, Amri Yahyah pada menit ke-17. Sayang, tendangan bebas kapten Malaysia itu hanya tipis di samping kanan gawang, Andritany.

Timnas kian bersemangat melakukan serangan memasuki pertengahan babak pertama, sedangkan Malaysia memilih bermain sabar untuk membongkar pertahanan tuan rumah. Hasilnya, pada menit ke-23, Boaz mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan Irfan dari jarak dekat. Skor pun berubah 3-0.

Unggul 3-0, Timnas Indonesia mulai mengendurkan serangan. Situasi ini dimanfaatkan Malaysia yang mendapatkan peluang melalui Safawi Rasid dan Badrul Hasyim. Namun, upaya tim yang diarsiteki Ong Kim Swee tak juga berujung gol dan skor tetap 3-0 untuk keunggulan Indonesia.

Para pemain Timnas Indonesia melakukan sesi foto sebelum pertandingan melawan Malaysia di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016) malam WIB. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Memasuki babak kedua, Riedl melakukan perubahan dengan mengganti Boaz dan Zulham Zamrun dengan Lerby Eliandry serta Irsyad Maulana.

Pergantian dua pemain ini membuat Malaysia lebih berani bermain menyerang. Hasilnya, Amri mendapat peluang hanya saja tembakannya masih menyamping dari gawang Timnas Indonesia.

Pada menit ke-56, Irfan yang berpartner dengan Lerby kembali memberikan ancaman ke gawang Malaysia via tendangan bebas. Beruntung, tembakan terarahnya masih bisa dijangkau, Khairul Fahmi.

Selepas peluang Irfan tersebut, perebutan bola lebih banyak berkutat di lini tengah. Timnas Indonesia sendiri mulai mengurangi agresivitas serangan seiring pergantian beberapa pemain pada pertengahan babak kedua.

Meski begitu, Amri dkk. tidak mampu memanfaatkan situasi tersebut. Hingga akhir pertandingan, skor 3-0 untuk kemenangan Indonesia tidak berubah.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-4-2): Andritany Ardhiyasa; Beny Wahyudi/ Indra Kahfi (84), Fachrudin Aryanto, Yanto Basna/Dedi Gusmawan (72'), Abdul Rahman/ Abduh Lestaluhu ; Zulham Zamrun/Irsyad Maulana (46'), Evan Dimas, Bayu Pradana, Andik Vermansah; Boaz Solossa/ Lerby Eliandry (46'), Irfan Bachdim/Ichsan Kurniawan (71')

Pelatih: Alfred Riedl

Timnas Malaysia (4-5-1): Khairul Fahmi; Fadli Sas, Ronny Harun, Matthew Davies, Badrul Hisyam; Brendan Gan, Baddrol Bakhtiar, Wan Zack Haikal, Safawi Rasyid, Irfan Fazail; Amri Yahyah

Pelatih: Ong Kim Swee

Video Populer

Foto Populer