Sukses


Simpan Tenaga 2 Veteran Timnas U-19, PON Kalsel Digasak Sulsel

Bola.com, Bekasi - Pelatih Kalimantan Selatan, Mundari Karya mengaku bersyukur meski skuatnya ditekuk Sulawesi Selatan 2-1 pada laga terakhir Grup B cabang sepakbola PON XIX di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (18/9/2016). Bagi Mundari, hasil laga terakhir tidak lagi penting karena Kalsel sudah memastikan lolos ke 8 Besar setelah mengalahkan Sumatera Selatan 2-1 (14/9/2016) dan Sumatera Utara 2-0 (16/9/2016).

"Target saya di laga  tadi adalah pemain tidak cedera dan akumulasi kartu," ujar Mundari pada jumpa pers usai pertandingan.

Pelatih yang juga menukangi klub Barito Putera itu menambahkan, dengan alasan di atas, dirinya sengaja menarik keluar dua pilarnya, Hansamu Yama dan Paulo Sitanggang, sebelum pertandingan terakhir. Hansamu keluar lapangan menit ke-26, sedang Paulo pada awal babak kedua.

Seperti diketahui, keduanya sama-sama sudah mengantongi kartu kuning. Setelah kedua bintang eks Timnas Indonesia U-19 dan U-23 itu ditarik keluar, penampilan Kalsel memang merosot tajam.

Alhasil, Sulsel mendapatkan golnya lewat aksi striker PSM Makassar, Andri Faizal Amru menit 51 dan 59. Sedang gol tunggal Kalsel lahir lewataksi Nazarul Fahmi menit ke-72. 

"Kami memang kehilangan ritme permainan khususnya di lini tengah setelah Hansamu dan Paulo keluar. Tapi, bagi saya ini risiko dan bagian dari strategi. karena masih ada pertandingan yang lebih berat pada babak selanjutya," jelas Mundari.

Dua pemain Barito Putera, Hansamu Yama dan Paulo Sitanggang, veteran Timnas Indonesia U-19 yang membela tim sepak bola PON Kalimantan Selatan.

Di lain pihak, pelatih Sulsel, Syamsuddin Umar tanpa sungkan berterima kasih kepada Mundari yang memilih memberi kesempatan istirahat pemain pilarnya.

"Terus terang kami hanya mengincar satu poin dari Kalsel mengamankan tiket 8 Besar. Jadi, kami sangat beruntung bisa menang setelah Mundari menarik Hansamu dan Paulo," jelas Syamsuddin yangpernah membawa PSM juara Perserikatan 1992 dan Liga Indonesia 1999-2000ini.

Bagi Sulawesi Selatan, kemenangan ini membuat mereka mendampingi Kalsel dengan status runner-up grup B. Sementara Sumatera Selatan merih tiket 8 Besar dengan status peringkat tiga terbaik meski pada laga terakhir kalah dari Sumatera Utara 2-1. Berdasarkan aturan di cabang sepak bola, penentuan peringkat tim mendahulukan selisih gol bila kedua tim punya poin sama.

Video Populer

Foto Populer