Sukses


Uston Nawawi-Sugiantoro Yakin Indonesia Buat Kejutan di Piala AFF

Bola.com, Surabaya - Pelatih kepala Timnas Indonesia, Alfred Riedl, sudah memiliki komposisi skuat timnas yang akan dibawa ke arena Piala AFF 2016. Ada sederet muka lama, ada pula wajah baru yang menghiasi Timnas Indonesia. Keputusan Alfred mengundang sejumlah mantan pemain timnas asal Jatim untuk berkomentar.

Sugiantoro alias Bejo misalnya, menilai keputusan Alfred tidak memanggil sejumlah nama pemain kenamaan dan memiliki jam terbang tinggi sangat tepat. Pasalnya, timnas membutuhkan regenerasi setelah beberapa tahun sebelumnya gagal di berbagai ajang.

Bagi eks libero timnas itu, tidak ada jaminan timnas akan menjadi juara jika mengandalkan pemain-pemain bintang sarat pengalaman.

"Saya sepakat dengan coach Alfred yang berani menepikan nama-nama bintang tenar. Sama-sama tidak ada garansi juara, lebih baik bereksperimen. Apalagi beberapa tahun belakangan ini timnas hanya dihuni pemain-pemain itu saja,” katanya.

Keputusan Alfred diyakini tidak asal semata. Menurutnya, Alfred memiliki standar dan kriteria tinggi yang sudah ditentukan sebelum memanggil sejumlah muka baru. Karena itu, pemain-pemain yang dipanggil Alfred sebetulnya memiliki kualitas mumpuni.

"Hanya, mereka belum punya nama karena selama ini kurang terpantau," kata eks kapten Persebaya itu.

Hal sama dilontarkan Uston Nawawi. Eks pemain Timnas Baretti itu menyatakan keputusan Alfred Riedl patut diacungi jempol. Sebab, di matanya hanya pelatih hebat yang berani mengambil risiko besar demi kemajuan tim yang dipolesnya.

"Coach Alfred selalu menanamkan fondasi kuat. Ini yang tidak kita temui pada pelatih-pelatih sebelumnya. Saya rasa ini pilihan komposisi yang bagus, harus didukung," ujar Uston.

Dengan adanya muka baru yang mengisi Timnas Indonesia, Uston percaya ada beberapa keuntungan yang dimiliki. Selain kekuatan timnas tidak mudah terbaca lawan, muka-muka baru itu bisa jadi mengusung semangat dan kebanggaan baru.

Soal mentalitas mereka ketika tekanan datang, bagi Uston bukan masalah karena mereka sudah ditempa melalui persaingan di kompetisi. Kalau pun tidak, bagi sejumlah pemain yang lebih banyak duduk di bangku cadangan, Uston yakin pelatih sekelas Alfred lebih lebih tahu bagaimana mengatasi persoalan ini.

Soal peluang, Uston maupun Sugiantoro percaya, dengan kekuatan yang dimiliki, timnas bakal lolos dari babak penyisihan. Meski berat karena lawan-lawan yang dihadapi cukup kuat, Uston dan Sugiantoro melihat ada potensi besar bagi Timnas Indonesia untuk membuat kejutan demi kejutan.

"Saya yakin mereka mampu melewati babak penyisihan dengan hasil bagus. Setidaknya, saya melihat bagaimana mereka merespons ketertinggalan 0-2 dari Vietnam di uji coba lalu. Tidak mudah untuk melakukannya di saat mereka sudah tertinggal, dan terbukti mereka mampu," tutur Sugiantoro.

"Saya juga yakin Timnas Indonesia bisa bicara banyak di Piala AFF nanti," timpal Uston.

 

Video Populer

Foto Populer