Sukses


Indonesia dan 4 Negara ASEAN yang Pernah Tampil di Piala Dunia

Bola.com, Jakarta - Wakil dari Asia Tenggara (ASEAN) kembali menorehkan prestasi di pentas dunia. Kali ini, Vietnam U-19 membuat bangga dengan keberhasilan mereka lolos ke Piala Dunia U-20 untuk pertama kali sepanjang sejarah.

Kepastian Vietnam U-19 lolos ke ajang paling bergengsi sepak bola dunia itu terjadi setelah mengalahkan tuan rumah Bahrain 1-0 pada babak perempat final Piala Asia 2016 (23/10/2016). Hasil itu membawa tim asuhan Hoang Anh Tuan ke semifinal Piala Asia, yang otomatis menggaransi satu tiket ke putaran final Piala Dunia U-20 Korea Selatan tahun 2017.

Vietnam U-19 lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 karena wakil benua Asia mendapatkan jatah empat tiket ke putaran final yang akan diikuti 24 tim. Turnamen Piala Dunia U-20 akan diikuti perwakilan dari enam Konfederasi yakni AFC, CAF, CONCACAF, CONMEBOL, OFC, dan UEFA.

Vietnam U-19 menggenggam satu tiket ke putaran final Piala Dunia U-20 juga dengan catatan apik. The Golden Star mampu mengalahkan Korea Utara 2-1 dan bermain imbang dengan Uni Emirat Arab 1-1, bermain 0-0 dengan Irak, dan mengalahkan Bahrain 1-0.

Menariknya, Vietnam bukan tim pertama dari Asia Tenggara yang merasakan atmosfer Piala Dunia. Dilansir Football Channel Asia ada empat tim lain dari ASEAN yang juga pernah tampil di pesta paling akbar sepak bola dunia itu. Berikut daftarnya:

 

2 dari 5 halaman

Thailand

Thailand pernah dua kali tampil di Piala Dunia kelompok umur. Momen pertama saat Thailand lolos ke Piala Dunia U-17 tahun 1997 setelah finis sebagai runner-up di Piala Asia U-19 1996.

Setelah itu, Tim dari Negeri Gajah Putih berhasil melakukan pencapaian serupa, tiga tahun berselang. Kali ini, Thailand lolos setelah muncul sebagai juara Piala Asia U-16 1998 yang otomatis membawa mereka tampil di Piala Dunia U-19 tahun 1999.

Dalam partisipasi perdananya, Thailand tidak bisa berbuat banyak setelah tergabung dalam satu grup bersama Jerman, Cile, dan tuan rumah Mesir. Tim yang diarsiteki Chanvit Polchevin hanya mencetak empat gol dan kebobolan 12 gol.

Sementara itu, pada partisipasi kedua tahun 1999, Thailand yang berstatus raja Asia kembali tidak bisa berbuat banyak saat bersua Ghana, Meksiko, dan Spanyol. Thailand kebobolan 17 gol dan hanya mencetak satu gol dari empat pertandingan.

3 dari 5 halaman

Malaysia

Malaysia juga pernah merasakan atmofer Piala Dunia. Negara tetangga Indonesia ini bertindak sebagai tuan rumah saat berlangsungnya putaran final Piala Dunia U-20 tahun 1997.

Bermain di kandang sendiri, Malaysia yang tergabung dalam satu grup bersama Uruguay, Maroko, dan Belgia tidak bisa berbuat banyak. Harimau Muda tak sekalipun meraih kemenangan, kebobolan sembilan gol, dan hanya mencetak satu gol.

Turnamen yang berlangsung di Malaysia ini juga menjadi tempat munculnya para pemain yang akhirnya menjadi bintang sepak bola dunia macam Juan Roman Riquelme, David Trezeguet, Michael Owen, dan juga legenda hidup Prancis dan Arsenal, Thierry Henry.

4 dari 5 halaman

Myanmar

Myanmar mengukir sejarah setelah lolos untuk pertama kalinya ke Piala Dunia U-20 2015. Tim yang diarsiteki pelatih asal Jerman Gerd Zeise, menorehkan pencapaian luar biasa itu setelah lolos hingga babak semifinal Piala Asia U-19 saat bertindak sebagai tuan rumah.

Di Piala Dunia U-20 2015, Myanmar berada satu grup dengan tuan rumah Selandia Baru, Amerika Serikat, dan juga Ukraina di Grup A. Yan Naing Oo dkk. tidak mampu berbuat banyak pada turnamen besar pertama mereka dan harus puas menempati posisi juru kunci.

Myanmar kebobolan 13 gol dan hanya bisa mencetak dua gol dari tiga pertandingan yang mereka lalui. Alhasil, Myanmar harus rela gagal meraih satu poin pun di Piala Dunia U-20 ini.

Meski begitu, penampilan Myanmar di Piala Dunia U-20 tetap mengundang rasa kagum. Hal ini lantaran Myanmar sempat unggul 1-0 melawan Amerika Serikat walau akhirnya harus takluk 1-2 saat pertandingan berakhir.

5 dari 5 halaman

Indonesia

Timnas Indonesia mendapatkan kesempatan bermain di Piala Dunia U-20 di Tokyo, Jepang tahun 1979. Timnas Indonesia yang ditukangi Soetjipto Soentoro berhak tampil di turnamen bergengsi ini menggantikan posisi Irak.

Timnas Indonesia mendapatkan 'hadiah' tersebut setelah Irak yang menjadi juara Piala Asia bersama Korea Selatan mundur dari Piala Dunia U-20. Sedangkan Korea Utara yang berstatus peringkat ketiga juga menolak tawaran bermain di Piala Dunia kelompok umur ini.

Alhasil, Indonesia mendapatkan kesempatan tersebut karena tim perempat finalis yang berasal dari Timur Tengah, yakni Iran, Arab Saudi, dan Bahrain menolak untuk ambil bagian di turnamen ini.

Saat turnamen berlangsung, Bambang Nurdiansyah dkk. yang berada satu grup dengan Yugoslavia, Polandia, dan Argentina yang diperkuat Diego Armando Maradona tidak bisa berbuat banyak.

Tim Garuda Muda menelan tiga kekalahan, kebobolan 16 gol dan tidak mampu mencetak satu gol pun di turnamen yang memunculkan Argentina sebagai juara.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara
    Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara
    Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara

    Malaysia

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.
    Thailand

    Thailand

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

Video Populer

Foto Populer