Sukses


Saran Bima Sakti untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Solo - Mantan gelandang Timnas Indonesia, Bima Sakti Tukiman, memberikan saran kepada Timnas Indonesia sebelum berlaga di Piala AFF 2016 di Filipina. Bima mengaku mencermati perjalanan Tim Garuda mulai pemusatan latihan hingga empat uji coba yang telah dijalani.

Menurut Bima Sakti, chemistry para pemain di Timnas Indonesia saat ini perlu ditingkatkan agar semakin padu dan kompak baik di dalam maupun lapangan. Bima Sakti menilai mayoritas pemain yang menghuni timnas merupakan pemain baru yang membuat ikatan di antara mereka belum maksimal.

"Karena banyak pemain baru sehingga butuh waktu untuk saling memahami. Namun, secara umum permainan timnas semakin menanjak jika melihat hasil-hasil uji coba melawan Malaysia maupun Vietnam," kata Bima Sakti di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (12/11/2016).

Pemain sekaligus asisten pelatih Persiba Balikpapan itu menjelaskan selain chemistry, kerja sama antarpemain juga perlu ditingkatkan mengingat masih banyaknya kesalahan secara tim yang masih terjadi.

 

Dengan waktu yang cukup mepet, Bima Sakti berharap beberapa kekurangan yang terlihat bisa dikikis. Terlebih skuat racikan Alfred Riedl berada di grup neraka bersama tim-tim kuat seperti, Thailand, Singapura, dan tuan rumah Filipina.

"Perjalanan timnas nanti memang sulit dan berat. Namun, bukan berarti tidak ada peluang. Saya percaya mereka bisa dengan semangat dan mental bertanding yang kuat," ujar mantan kapten Timnas Indonesia itu.

Selain itu, mantan pemain Persema Malang itu berharap peran besar pemain senior semacam Boaz Solossa dan Irfan Bachdim, untuk membimbing para personel muda yang dibawa Alfred. Sebab, selain skill individu, pemain muda serta para debutan perlu bimbingan dan motivasi untuk bertanding.

"Materi pemain Timnas Indonesia nanti campuran antara senior dan junior. Alfred Riedl harus diberi apresiasi atas keputusan ini," tutur Bima Sakti.

 

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer