Sukses


Warga Filipina Sediakan Rumah untuk Suporter Timnas Indonesia

Bola.com, Manila - Sebanyak 15 suporter Timnas Indonesia mendukung Andik Vermansah dkk. berlaga pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016 di Filipina. Ada cerita menarik dalam lawatan mereka.  

Para suporter yang datang dari Jakarta, Banten, Malang, Malaysia, dan Hong Kong 'bermarkas' di rumah warga Filipina. Ya, dua penggemar sepak bola asal Filipina, Diosdado Halili dan Marcial Lapuz Bondoc Jr., menyediakan rumahnya untuk menginap suporter Timnas Indonesia.

"Saya sudah kenal lama dengan Harie (koordinator tur suporter Timnas Indonesia). Kami sama-sama sering membicarakan sepak bola dan begitu tahu Filipina jadi tuan rumah, saya bujuk teman dari Indonesia untuk ke Filipina," kata Diosdado Halili.

Diosdado Halili bertempat tinggal di dekat Stadion Rizal Memorial yang menjadi salah satu venue Piala AFF 2016. Pria yang akrab disapa Dado ini juga membuka rumahnya untuk menjadi tempat istirahat suporter Indonesia.

"Saya malah sangat senang teman-teman dari Indonesia ke sini. Ini menunjukkan suporter Indonesia memang benar-benar menggemari sepak bola. Banyak dari mereka yang rela menghabiskan masa cutinya demi mendukung timnas mereka," ucap Dado.

Tidak hanya menyediakan rumah, Marcial dan Dado juga menjemput para suporter di Bandara Ninoy Aquino yang datang dalam dua gelombang. Seperti diketahui, sebanyak 15 suporter Indonesia yang tergabung dalam komunitas One Soul One Nation terbang ke Filipina untuk mendukung Evan Dimas dkk. di Piala AFF 2016.

Koordinator tur suporter Timnas Indonesia, Harie Pandiono mengatakan, tujuan mereka ke Filipina tidak hanya mendukung skuat Garuda. Mereka juga ingin menjalin persahabatan dengan suporter dari negara lain, terutama Filipina yang menjadi tuan rumah.

"Ini kesempatan bagus buat suporter Indonesia menjalin persahabatan dan selanjutnya apabila Indonesia jadi tuan rumah, giliran kami yang menyambut mereka dengan lebih baik," kata Harie.

Selama berada di Filipina, Marcial dan Dado juga menjadi tur guide suporter Timnas Indonesia. Suporter juga disediakan kendaraan menuju stadion dari KBRI Manila. "Kami sangat berterima kasih kepada mereka atas sambutan yang hangat ini. Semoga suatu saat Indonesia jadi tuan rumah Piala AFF dan ada kesempatan suporter Filipina ke Indonesia," ucap Harie.

 

Video Populer

Foto Populer