Sukses


6 Pemain Timnas Indonesia Pembobol Gawang Singapura di Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan kembali Singapura di Piala AFF. Kali ini, tim asuhan Alfred Riedl akan meladeni The Lions dalam laga hidup dan mati pada matchday ketiga Piala AFF 2016 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Jumat (25/11/2016).

Sepanjang sejarah Piala AFF, Timnas Indonesia sudah tujuh kali bertemu Singapura. Hasilnya, Tim Merah Putih menelan empat kekalahan, dua imbang, dan baru satu kali menang. Kemenangan bersejarah itu tercipta saat Timnas Indonesia mengalahkan Singapura 1-0 di Piala AFF 2012 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kala itu, Timnas Indonesia meraih kemenangan berkat gol indah yang diciptakan pemain sayap lincah, Andik Vermansah. Kapten tim Selangor FA itu mencetak gol melalui tendangan bebas jarak jauh yang merobek gawang Singapura.

Selain Andik, sejarah mencatat ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang juga berhasil mencetak gol ke gawang Singapura. Hanya saja, gol-gol yang dicetak mereka tidak cukup untuk memberikan kemenangan bagi Timnas Indonesia.

Sejauh ini, Timnas Indonesia sudah mencetak enam gol ke gawang Singapura dari tujuh pertemuan sejak Piala AFF 1998. Berikut para pencetak gol Timnas Indonesia ke gawang Singapura yang dirangkum Bola.com:

Miro Baldo Bento

1. Miro Baldo Bento

Mantan striker kelahiran Dili, Timo Leste, 40 tahun silam itu menjadi pemain pertama Indonesia yang berhasil mencetak gol ke gawang Singapura.

Pemain bernama lengkap Miro Baldo Bento de Araujo membobol gawang Singapura di semifinal Piala Tiger 1998. Sayangnya, gol yang dicetak Miro tidak cukup untuk membawa Timnas Indonesia melaju ke partai puncak karena takluk 1-2 dari Singapura.

Satu gol yang dicetak pemain yang sepanjang kariernya memperkuat 11 klub berbeda itu tidak mampu menahan laju tim lawan yang sudah unggul dua gol berkat gol yang diceploskan, Rafi Ali dan Nazri Nasir.

Sepanjang turnamen, Miro berhasil mencetak tiga gol dan bersanding bersama Aji Santoso sebagai pencetak gol terbanyak Tim Merah Putih di Piala Tiger 2008.

Selain gol ke gawang Singapura, pemain yang tercatat mengemas 9 caps bersama Timnas Indonesia juga mencetak satu gol saat mengalahkan Myanmar 6-2 dan saat takluk 2-3 dari Thailand di penyisihan grup.

Mahyadi Panggabean

2. Mahyadi Panggabean

Pemain berdarah Batak ini mencetak gol ke gawang Singapura pada leg pertama final Piala AFF 2004 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 8 Januari 2005. Mahyadi mencetak gol via tendangan bebas jarak jauh.

Gol yang dicetak mantan pemain PSMS Medan itu juga terbilang indah. Ia berhasil memperdayai kiper Singapura, Lionel Lewis setelah tendangan bebasnya dari jarak jauh membentur pemain Singapura dan tidak mampu diantipasi oleh Lewis.

Hanya saja, gol itu tidak banyak menolong Tim Garuda yang harus menerima kenyataan takluk 1-3 dari Singapura di hadapan publik sendiri. Gawang Timnas Indonesia yang dikawal Hendro Kartiko harus menerima kenyataan dijebol tiga kali oleh Singapura lewat gol Daniel Bendett, Khairul Amri, dan Agus Casmir.

Meski begitu, gol ke gawang Singapura tetap terasa bermakna bagi Mahyadi. Selain menjadi gol debutnya bersama Timnas Indonesia, gol ke gawang The Lions juga menjadi satu-satunya gol Mahyadi dari 18 kali berkostum Timnas Indonesia.

Elie Aiboy

3. Elie Aiboy

Gelandang lincah asal Papua ini merupakan salah satu pemain sayap terbaik yang pernah dimiliki oleh Timnas Indonesia. Mantan pemain yang kini menginjak usia 37 tahun itu bukan hanya jago dalam memberikan umpan namun juga cukup piawai mencetak gol.

Elie mencetak gol ke gawang Singapura pada leg kedua final Piala AFF 2004. Pemain yang pernah berkiprah di kompetisi luar negeri bersama Selangor FA itu mencetak satu gol ke gawang The Lions saat takluk 1-2.

Namun, gol itu tidak banyak menolong tim yang kala itu diarsiteki oleh juru racik formasi asal Inggris, Peter Withe. Maklum, sebelum gol itu Timnas Indonesia sudah tertinggal 0-2 gara-gara gol yang dicetak Indra Sahdan Daud dan penalti Agu Casmir.

Kekalahan itu membuat Timnas Indonesia kalah agregat 2-5 dari Singapura. Alhasil, Elie dan kawan-kawan harus menerima kenyataan kembali menempati posisi runner-up, mengulangi cerita di dua edisi sebelumnya (Piala AFF 2000 dan 2002).

Sepanjang kariernya, Elie tampil dalam 48 pertandingan bersama Timnas Indonesia dan berhasil mencetak 8 gol.

Ilham Jaya Kesuma

4. Ilham Jaya Kesuma

Top scorer Piala Tiger 2004 juga masuk daftar pemain Timnas Indonesia yang berhasil membobol gawang Singapura. Catatan itu dibuat Ilham saat Tim Merah Putih bermain imbang 2-2 melawan Singapura di penyisihan grup Piala AFF 2007 yang berlangsung di Singapura - Thailand.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Nasional, Kallang, salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Persita Tangerang itu mencetak gol penyama kedudukan setelah Singapura unggul lebih dahulu 1-0 melalui penalti Noh Alam Shah.

Menariknya, gol ke gawang Singapura itu menjadi satu-satunya gol bagi Ilham di Piala AFF 2007. Koleksi golnya di turnamen kali ini jauh menurun dibandingkan Piala Tiger 2004.

Saat itu, Ilham yang disokong striker muda, Boaz Solossa berhasil mencetak tujuh gol. Jumlah gol Ilham lebih baik dibandingkan dua pemain Timnas Indonesia lainnya, yakni Kurniawan Dwi Yulianto dengan lima gol dan Boaz maupun Elie Aiboy yang sama-sama mengoleksi empat gol.

Zaenal Arif

5. Zaenal Arif

Sama seperti Ilham, Zaenal Arif berhasil mencetak gol ke gawang Singapura saat Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 pada laga penyisihan grup Piala AFF 2007. Bedanya, Zaenal Arif merupakan pencetak gol kedua di pertandingan tersebut.

Gol Abo, sapaan akrab Zaenal, ke gawang Singapura juga berhasil menghindarkan Timnas Indonesia dari kekalahan melawan tuan rumah yang sempat dua kali unggul berkat gol yang dicetak Noh Alam Shah dan Indra Sahdan Daud.

Selama memperkuat Timnas Indonesia, Zaenal Arif memang lebih sering menjadi pemain cadangan. Meski begitu, ia tetap pernah membuat cerita saat Timnas Indonesia menghancurkan Filipina 13-1 di Piala AFF 2002.

Bersama Bambang Pamungkas, Zaenal sukses mengemas quattrick di pertandingan tersebut. Empat gol ke gawang the Azkals melengkapi jumlah 12 gol yang dicetak Abo dari 23 penampilan bersama Tim Merah Putih.

Andik Vermansah

6. Andik Vermansah

Pemain sayap lincah ini menjadi pemain terakhir yang mencatatkan namanya sebagai pencetak gol ke gawang Singapura. Hal itu ia lakukan saat Timnas Indonesia tampil di Piala AFF 2012.

Bermain dengn skuat yang bukan terbaik karena dampak dualisme kompetisi, Timnas Indonesia yang diarsiteki Nilmaizar justru sukses mengukir sejarah di Piala AFF dengan mengalahkan Singapura.

Andik yang saat itu masih berkostum Persebaya menjadi pahlawan kemenangan Tim Merah Putih. Pemain yang masuk skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 mencetak gol indah melalui tendangan bebas dari jarak yang terbilang jauh.

Andik yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil mengelabui kiper Singapura, Izwan Mahbud dengan tendangan bebasnya dua menit jelang laga berakhir. Gol itu membuat Timnas Indonesia pulang dengan kepala tegak meski langkah mereka harus terhenti di penyisihan grup.

Video Populer

Foto Populer