Sukses


Akhir Tragis Rizal Memorial Saksi Sejarah Timnas Indonesia

Bola.com, Manila - Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, menjadi milik Timnas Indonesia pada Jumat (25/11/2016) malam. Skuat Garuda memenangi laga secara dramatis melawan Singapura. Kemenangan 2-1 membuat Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2016.

Kemenangan dramatis tersebut mengingatkan pada tahun 1991, ketika Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games, mengalahkan Thailand lewat adu penalti 4-3 (0-0). 

Di balik cerita sukses Timnas Indonesia di Rizal Memorial, ada cerita sedih. Stadion yang dibuka pada 1934 itu terancam tinggal kenanangan karena pemerintah kota Manila akan menjadikan kompleks tersebut sebagai area bisnis, mall, dan pusat perbelanjaan.

Rencana tersebut memunculkan perdebatan di kalangan pecinta olahraga dan warisan budaya. "Apakah Manila benar-benar membutuhkan pusat perbelanjaan lain?" kata Presiden Heritage Conservation Society, Ivan Henares, seperti dikutip dari Inquirer.net.

Kawasan Rizal Memorial Stadium dengan mural berbagai cabang olah raga. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

"Ini arsitektur, sejarah, dan budaya penting menjadi stadion nasional, sebuah karya Art Deco dari Arellano, dan tuan rumah event nasional, regional, dan Asia. Tempat ini bagian dari sejarah bangsa kita. Ini sudah lebih dari cukup alasan untuk meminta perlindungan," ujar Ivan.

Para penikmat sepak bola di Filipina tak kalah galau. Mereka tak akan tega dan sanggup melihat momen-momen ketika stadion tersebut diruntuhkan.

Kondisi Stadion Rizal Memorial memang memprihatinkan. Meski kualitas lapangan sintetis tetap terjaga, lingkungan di sekitar stadion tidak mendukung. Di pintu masuk, ada warga yang menggunakan fasilitas stadion untuk menjemur pakaian.

Penjaga memanfaatkan pintu untuk menjemur pakaian pada salah satu sisi Rizal Memorial Stadium, (23/11/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Dari penelurusan Bola.com, ada kafe remang-remang yang terletak di bangunan stadion, bersebelahan dengan kantor Philippine Sport Comission.

Salah satu suporter Timnas Filipina, Ted de Ocampo mengatakan, Stadion Rizal Memorial tak hanya sebatas fasilitas olahraga. Komplek tersebut adalah salah satu landmark Filipina yang dikenal dunia.

"Tempat itu adalah landmark yang sudah tertanam di benak suporter. Di stadion itu kami terhubung satu sama lain, fans timnas ataupun penggemar klub dalam dan luar negeri," tulis Ted de Ocampo yang menggerakkan penolakan pembangunan mall di Rizal Memorial Sport Complex lewat Change.org.

Ted juga memberi selamat kepada Timnas Indonesia yang meraih tiket semifinal setelah mengalahkan Singapura 2-1 di Stadion Rizal Memorial, Jumat (25/11/2016). "Selamat kepada Indonesia, sangat manis kenangan kalian di Rizal Memorial. Raihlah gelar pertama kalian di Piala AFF!" tegasnya.

Video Populer

Foto Populer