Sukses


6 Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 2-1 dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2016 yang dimainkan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (3/12/2016).

Dua gol Indonesia lahir dari Hansamu Yama Pranata saat duel baru berjalan 7 menit dan Boaz Solossa

. Gol di awal pertandingan itu disamakan Vietnam, dari titik penalti Nguyen Van Quyet menit ke-17. Timnas Indonesia juga mendapat penalti dan peluang emas menit ke-49 itu berhasil dieksekusi Boaz Solossa untuk menjadikan skor 2-1 bagi Tim Merah-Putih.

Pertandingan di babak pertama berjalan cukup seru dan bahkan bisa dibilang panas. Namun, intensitas tekanan Timnas Indonesia menurun memasuki menit ke-70 sehingga skor 2-1 bertahan hingga pertandingan usai.

Secara statistik keseluruhan, Indonesia kalah dalam penguasaan bola. Vietnam unggul dengan presentase 62 persen berbanding 38 persen.

Namun, untuk hal tembakan, kedua tim cukup sebanding. Indonesia melesakkan 12 tembakan dengan separuh (6) di antaranya mengarah ke gawang sementara Vietnam melepas 11 tembakan dengan lima di antaranya mengarah ke gawang Kurnia Meiga.

Selain bicara statistik, ada beberapa momen menarik yang terjadi di laga yang dibanjiri fans Tim Garuda ini. Mayoritas dipicu keputusan Jarred Gillet yang dinilai kontroversial. Selain dua penalti, wasit Jarred Gillet mengeluarkan empat kartu kuning, masing-masing dua kartu untuk Timnas Indonesia dan dua kartu untuk Vietnam.

Bola.com merangkum beberapa fakta menarik lain sesuai pertandingan Timnas Indonesia versus Vietnam. Apa saja itu? Berikut di antaranya yang dirangkum dari berbagai sumber:

2 dari 4 halaman

Gol Hansamu

1. Hansamu Yama Pranata mencetak gol perdana untuk timnas senior. Bahkan, laga melawan Vietnam ini menjadi laga pertama bek Barito Putera itu di Piala AFF 2016. Pada tiga pertandingan di penyisihan Grup A, Hansamu sama sekali tidak dimainkan oleh pelatih Alfred Riedl.

Hansamu Yama Pranata turun sebagai starter di jantung pertahanan Indonesia berduet dengan Manahati Lestusen, menggantikan duet Rudolof Yanto Basna-Fachrudin Wahyudi Aryanto, yang absen karena terkena hukuman akumulasi kartu kuning.

2. Gol Hansamu Yama Pranata pada menit ke-6 mirip dengan proses gol yang dilesakkan Fachrudin Wahyudi Aryanto di laga melawan Filipina pada penyisihan Grup A, 22 November 2016. Sama-sama berposisi bek tengah, baik Fachrudin maupun Hansamu mencetak gol lewat sundulan.

Persamaan lainnya, gol tercipta di menit awal pertandingan dan jadi pembuka gol Timnas Indonesia. Perbedaannya, yakni gol Fachrudin lahir menyambut tendangan bebas sementara Hansamu menyambut sepak pojok.

3 dari 4 halaman

Gol Boaz Solossa

 

3. Gol Boaz Solossa pada laga ini membuat koleksi gol kapten Timnas Indonesia itu jadi 14. Torehan itu melampaui koleksi gol Fachry Husaini, Uston Nawawi, dan Ilma Jayakesuma. Ketiga pemain yang sudah gantung sepatu itu mengoleksi 13 gol untuk timnas senior.

Satu gol lagi akan membuat Boaz Solossa menyamai torehan Widodo Cahyono Putro yang punya 15 gol.  Rekor gol lain yang mungkin dipecahkan Boaz adalah milik Budi Sudarsono (16 gol) dan Rochy Putiray (17 gol).

Secara khusus, gol penalti Boaz Solossa di laga kontra Vietnam ini merupakan gol ketiga Boaz Solossa di Piala AFF 2016. Dua gol sebelumnya dilesakkan kapten Persipura Jayapura itu di laga kontra Thailand dan Filipina. 

Koleksi tiga gol ini membuat Boaz Solossa sejajar dengan Teerasil Dangda sebagai top scorer sementara Piala AFF 2016.

4 dari 4 halaman

Perpanjang Rekor Negatif

4. Kemenangan 2-1 Timnas Indonesia atas Vietnam memperpanjang catatan negatif The Golden Stars saat bermain di Indonesia.

Sebelum duel pada Sabtu (3/12/2016) malam ini, dalam tujuh pertemuan Indonesia vs Vietnam sepanjang sejarah, belum sekali pun The Golden Stars menang saat berstatus sebagai tim tamu. Kemenangan Tim Garuda ini menjadikan Vietnam empat kali menelan kekalahan dan empat kali bermain imbang saat bermain di Indonesia.

5. Gol penalti Vietnam yang dieksekusi Nguyen Van Quyet pada menit ke-17 merupakan gol ketiga timnas Vietnam yang tercipta di babak pertama. Sebelumnya, tiga dari total lima gol timnas Vietnam selama penyisihan Grup B dihasilkan saat babak kedua.

6. Gol penalti Nguyen Van Quyet merupakan gol kedua striker Vietnam itu di Piala AFF 2016. Gol pertama Van Quyet tercipta saat Vietnam menang 2-1 atas Myanmar di penyisihan Grup B. Secara khusus, gol pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam ini jadi gol ke-15 Nguyen Van Quyet dalam 15 caps-nya untuk timnas Vietnam.

 

 

Video Populer

Foto Populer