Sukses


Cerita Kala Timnas Indonesia Menekuk Vietnam di Piala AFF 2004

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni laga berat menghadapi Vietnam pada semifinal leg kedua Piala AFF 2016 di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016). Boaz Solossa dkk. sudah memiliki modal kemenangan 2-1 saat menjamu Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (3/12/2016).

Meski berat, lantaran bermain di Hanoi, Timnas Indonesia bukannya tak mungkin menuntaskan misi untuk lolos ke laga final. Tim asuhan Alfred Riedl minimal butuh hasil seri untuk melangkah ke final.

Pada masa lalu, Timnas Indonesia pernah memetik hasil manis kala berlaga di Stadion My Dinh, Hanoi, menghadapi Vietnam. Salah satu kemenangan fenomenal terjadi pada Piala AFF 2004.

Kala itu Timnas Indonesia menantang tuan rumah Vietnam pada pertandingan ketiga di babak penyisihan grup A. Indonesia dan Vietnam sama-sama memiliki poin empat, hasil sekali menang dan seri.

Secara heroik, pasukan Merah Putih menang tiga gol tanpa balas atas Vietnam. Ketika itu, gol-gol Timnas Indonesia dilesakkan Maully Lesy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma.

Ilham, salah satu pelaku sejarah tersebut, menuturkan apa yang terjadi di tim yang saat itu dilatih Peter Withe.

"Pada pagi hari sebelum pertandingan, setelah sarapan kami diajak berjalan kaki oleh Peter. Hanya berjalan santai keliling pasar di sekitar hotel," kenang Ilham.

Menurut Ilham, sang pelatih berusaha membuat pemain merasa relaks. Efeknya, saat pertandingan seluruh pemain bisa bermain lepas, meski berada dalam tekanan suporter Vietnam yang berjumlah puluhan ribu dan terkenal fanatik.

"Cara itu membuat kami tak memikirkan pertandingan sebagai sebuah beban. Hasilnya kami bisa menang," kata Ilham yang menjadi top scorer Piala AFF 2004 dengan koleksi tujuh gol.

Sayang, meski kala itu tampil memukau hingga babak semifinal dan lolos ke final, Timnas Indonesia akhirnya harus puas sebagai runner up Piala AFF 2004 karena kalah dari Singapura. Mampukah kali ini Timnas Indonesia mengulang sukses tahun 2004 dengan menang atas Vietnam dan lolos ke laga final Piala AFF 2016? Semoga.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer