Sukses


3 Pelatih Klub TSC Jagokan Indonesia Kalahkan Thailand

Bola.com, Surabaya - Laga leg pertama final Piala AFF 2016 antara Timnas Indonesia melawan Thailand akan tersaji pada Rabu (14/12/2016) di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Indonesia wajib menang jika menginginkan jalan menuju gelar tetap terbuka. Sebab di leg kedua yang berlangsung di Thailand, akan lebih berat bagi Tim Garuda.

Hal itulah yang diyakini sejumlah pelatih di Jawa Timur. "Indonesia harus menang di leg pertama. Kalau bisa, menang dengan selisih minimal dua gol tanpa kebobolan. Dengan begitu, langkah timnas menjuarai Piala AFF akan lebih ringan," kata Ibnu Grahan, pelatih Bhayangkara FC.

Namun, Ibnu memahami upaya meraih hasil itu tidak mudah. Sebab, di atas kertas kualitas Thailand masih di atas Indonesia. Sebagai gambaran adalah pertemuan kedua tim dipenyisihan Grup A, di mana Thailand menggasak Tim Merah-Putih dengan skor telak, 4-2.

Ibnu menilai penampilan timnas saat ini memang lebih baik ketimbang di babak penyisihan lalu. Pertahanan Indonesia juga lebih rapat. Menurutnya, Alfred Riedl sudah mulai menemukan formula yang tepat untuk mengatasi keroposnya lini belakang Timnas Indonesia. Namun, Thailand bukanlah tim ayam sayur. Tim besutan Kiatisuk Senamuang dianggap lebih matang.

"Jadi, para pemain harus bekerja esktra keras, kreatif, dan disiplin. Jika tidak, Thailand akan dengan mudah menaklukkan timnas," katanya.

Hal sama diutarakan pelatih Persela, Aji Santoso. Di mata Aji, tim berjulukan The War Elephants itu memiliki lebih banyak keunggulan. Karena itu, para pemain Timnas Indonesia harus ekstra waspada. Salah satunya dalam menutup ruang tembak para pemain Thailand.

"Gelandang dan striker Thailand memiliki naluri mencetak gol yang sangat tinggi. Maka itu, Indonesia harus menerapkan compact defense saat bertahan dan mengandalkan serangan balik untuk menjebol gawang Thailand," tuturnya.

Aji optimistis, meski kualitas Thailand masih setingkat di atas Timnas Indonesia, anak buah Alfred Riedl memiliki kans besar untuk memenangi bentrokan kali ini. Sebab dari pengamatan Aji, secara kolektivitas sebetulnya masih lebih baik Vietnam ketimbang Thailand.

Dengan asumsi itu, timnas seharusnya bisa mengatasi Thailand di leg pertama ini. "Kalau Vietnam yang lebih baik dari kerja sama timnya bisa ditaklukkan, seharusnya Thailand bisa kita kalahkan," ucap eks pelatih Timnas U-23 SEA Games 2013 itu.

Eks pelatih Timnas U-19, Eduard Tjong, ikut barisan pelatih yang yakin Indonesia bisa mengalahkan Thailand di leg pertama nanti. Sebab, kekurangan timnas sejauh ini bisa tertutupi oleh semangat Boaz Solossa dkk. yang sangat besar.

"Coach Alfred tentu sudah memperlajari permainan Thailand, dan bagaimana cara mengatasi mereka. Selain taktik dan strategi yang tepat, Timnas Indonesia mempunyai modal besar yang tak dimiliki tim lain, yakni semangat mereka yang berkobar," ujarnya.

 

 

Video Populer

Foto Populer