Sukses


Persembahan Rekor Baru dari Raja ASEAN untuk Raja Thailand

Bola.com, Bangkok - "Raja ASEAN". Begitu salah satu konfigurasi yang diciptakan suporter timnas Thailand di tribune Stadion Rajamangala, Bangkok, jelang kick-off Thailand versus Timnas Indonesia di leg kedua final Piala AFF 2016, Sabtu (17/12/2016).

Suporter The War Elephants yakin tim asuhan pelatih Kiatisuk Senamuang itu bisa mempertahankan gelar juara sekaligus merengkuh gelar kelima di Piala AFF.

Selang 90 menit kemudian, keyakinan itu jadi kenyataan. Timnas Thailand mengukuhkan diri jadi raja ASEAN dengan jadi pengoleksi gelar Piala AFF terbanyak: lima gelar. Sebelum mengalahkan Indonesia di final Piala AFF 2016 dengan agregat gol 3-2, timnas Thailand berbagi gelar dengan Singapura, yang sama-sama empat kali menjuarai Piala AFF.

Timnas Thailand jadi juara Piala AFF pada edisi 1996, 2000, 2002, 2014, dan 2016.

Selain memecahkan rekor sebagai pengoleksi gelar terbanyak, Thailand juga mencatatkan statistik menarik. Untuk kali pertama, kala kalah di leg pertama final, timnas Thailand bisa keluar sebagai juara.

Melihat rekam jejak, sejak sistem laga kandang-tandang diterapkan pada fase gugur di Piala AFF 2004, timnas Thailand selalu gagal jadi juara bila ditekuk lawan di leg pertama final. Catatan itu mengacu pada final yang dijalani Thailand pada Piala AFF edisi 2007, 2008, dan 2012.

Ketika itu Timnas Thailand dikalahkan Singapura 2-1 pada pertemuan pertama final Piala AFF 2007. The Lions akhirnya meraih gelar juara dengan agregat 3-2. Kemudian pada final Piala AFF 2008, Thailand kalah 1-2 dari Vietnam di pertemuan pertama. Vietnam akhirnya keluar sebagai juara dengan agregat 3-2.

Pada final Piala AFF 2012, lagi-lagi Thailand takluk dari Singapura di leg pertama final dengan skor 3-1. Singapura lantas jadi juara dengan agregat gol 3-2.

Alhasil, timnas Thailand mampu memenuhi janji untuk mempersembahkan gelar juara Piala AFF 2016 kepada mendiang Raja Bhumibol Abduyadej dan raja baru, Rama X.

"Terima kasih atas semua dukungan buat kami. Kami mempersembahkan prestasi ini untuk mendiang raja. Kami akan membawa trofi ini ke istana (Grand Palace). Gelar ini juga buat Raja Rama X. Panjang umur Raja," kata Kiatisuk Senamuang, pelatih timnas Thailand seusai pertandingan.

Wujud kecintaan Chanathip Songkrasin dkk. kepada mendiang Raja Bhumibol Abduyadej serta Raja Rama X juga diwujudkan dengan membawa dua foto raja dalam acara penyerahan trofi di lapangan seusai menekuk Timnas Indonesia 2-0 lewat dua gol Siroch Chatthong menit ke-37 dan 47.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer