Sukses


Disumpah PSSI, Wasit Piala Presiden Merasa Ada Tantangan Baru

Bola.com, Jakarta - Wasit yang bertugas di Piala Presiden 2017 menjalani sumpah tugas di depan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi, Kamis (2/2/2017) di Makostrad, Jakarta Pusat.

Sumpah tugas tersebut bertujuan membentengi para wasit dari tindak kecurangan selama turnamen berlangsung. Selain itu, wasit juga mendapat pengarahan dari Komite Etik PSSI untuk menjalankan tugas dengan adil dan menjunjung sportivitas.

Bagi wasit, mengucap sumpah dan menandatangani komitmen adalah hal biasa. Namun, bedanya kali ini sumpah tugas dilakukan secara seremonial dan dipimpin langsung oleh Ketum PSSI.

"Kalau menandatangani komitmen di surat tugas biasanya menjelang pertandingan. Tapi kali ini kami diminta berkomitmen di depan PSSI dan saya rasa hal itu tidak masalah, justru menjadi tantangan baru bagi korps wasit," kata Thoriq Alkatiri.

Thoriq Alkatiri jadi salah satu di antara dua wasit berlisensi FIFA yang bertugas di Piala Presiden, selain Oki Dwi Putra. Thoriq berharap, dalam turnamen atau kompetisi, tidak hanya wasit saja yang meningkatkan performa. Klub dan pemain juga harus memiliki bekal peraturan pertandingan.

"Seharusnya semua pemain dan petinggi klub yang berada di bench lebih meningkatkan pemahaman terhadap peraturan pertandingan, sehingga ketika wasit sudah memberikan keputusan tegas dan itu benar, mereka memahami dan sportif," ucapnya.

Untuk bertugas di Piala Presiden, Thoriq mengaku terbantu dengan sistem yang telah diterapkan di TSC 2016, di mana para wasit ditugaskan bergiliran di setiap daerah. 

"Secara fisik, kami sudah terbiasa berpindah tempat tugas, karena tahun lalu di TSC jadwalnya padat dan itu tak jadi masalah buat kami," tegasnya.

Piala Presiden 2017 dibuka pada Sabtu (4/2/2017) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dengan laga pembuka antara PSS Sleman melawan Persipura Jayapura. 

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer