Sukses


Muhamad Yusup, Lulusan Fakultas Tarbiyah yang Melatih Klub China

Bola.com, Jakarta - Muhamad Yusup Prasetyo (26), pelatih asal Indonesia resmi bergabung klub China, Lijiang FC. Yusuf dikontrak untuk menangani Lijiang FC U-15 selama dua tahun. Lijiang FC U-15 akan tampil di Liga China U-15.

Nama Yusup mungkin masih asing di jagat sepak bola Indonesia. Maklum, Yusuf tidak melanjutkan karier sebagai pemain sepak bola, setelah memperkuat Persija Jakarta junior dan Persita Tangerang U-21. Dia lebih memilih duduk di bangku kuliah dan menyelesaikan pendidikan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan jurusan pendidikan Bahasa Indonesia UIN Syarif Hidayatullah.

"Saya memang dulu fokus kuliah karena berpikir ingin mencari pekerjaan menjadi guru. Tetapi, setelah itu saya malah mantap kembali ke jalur sepak bola," kata pelatih yang akrab disapa Yoyo kepada Bola.com.

Yoyo, asli Betawi, pernah memperkuat Timnas Indonesia U-17, seangkatan dengan pemain Oktovianus Maniani dan dilatih Aji Santoso. Perjalanan pertamanya di dunia kepelatihan sepak bola diawali dengan menangani tim SSB. 

Yoyo lalu mengembara ke Asia Tenggara untuk berburu lisensi pelatih. Lisensi pertamanya (C AFC) didapat dari Brunei Darussalam pada tahun 2014. Pada waktu itu, Yoyo merasa kesulitan karena PSSI lebih memprioritaskan mantan pemain nasional untuk mengikuti kursus pelatih.

Namun, Yoyo justru mendapatkan manfaat besar ketika berguru di Brunei Darussalam. Di sana, Yoyo memperdalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

"Sisi positif mengikuti kursus lisensi di luar negeri adalah saya mendapat lebih banyak ilmu dan langsung dipraktikkan. Terutama bahasa yang selama ini menjadi kendala pelatih Indonesia," katanya.

Setelah mendapat lisensi C AFC, Yoyo melatih SSB Indonesia Rising Stars yang bermarkas di Pamulang. Yoyo lalu melanjutkan level lisensinya di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2016. Dia terpaksa mengambil kursus di Malaysia karena PSSI yang baru diaktifkan belum mengadakan program lisensi.

"Nah, di Malaysia ini yang mengantarkan saya berkarier di China. Lewat instruktur kami yang kebetulan berasal dari China. Dia bilang akan merekrut saya bila meraih ranking bagus. Alhamdulillah saya lulus dengan nilai terbaik nomor dua," imbuh pria asal Tangerang itu.

Yusup lalu mendapat kesempatan melatih tim kasta kedua liga Indonesia, Celebest FC. Ia menjadi asisten Rudy Eka Priyambada. Kemudian tawaran melatih Lijiang FC U-15 pun datang dan penawaran resmi diberikan pada 14 Februari 2017.

"Saya bicara banyak dengan coach Rudy Eka, dia sangat mendukung langkah saya, sebagai pelatih muda yang ingin belajar, tidak hanya di Indonesia," tuturnya.

Yusup pun menjadi pelatih termuda Indonesia yang melatih klub luar negeri. Ia berharap kariernya cemerlang di negeri Tirai Bambu dan mendapat kesempatan yang lebih bagus pada masa depan.

 

Video Populer

Foto Populer