Sukses


Timnas Putri Indonesia U-16 untuk Piala AFF Segera Terbentuk

Bola.com, Solo - Tidak ingin ketinggalan dengan Timnas (putra) U-22, U-19, dan U-16 yang sudah bergerak mencari pemain, tim pelatih Timnas putri Indonesia U-16 dalam waktu dekat juga segera membentuk tim yang akan turun di Piala AFF U-16 2017.

Pelatih Timnas putri Indonesia U-16, Rully Nere, mengungkapkan ia dibantu para asisten pelatih akan memantau invitasi sepak bola putri yang digelar di Jepara, Jawa Tengah, pada 8-16 Maret 2017. Rully akan mencari pemain melalui turnamen itu dan selanjutnya memanggil pemain yang terpilih untuk menjalani seleksi sekaligus pemusatan latihan.

"Kemungkinan yang masuk seleksi kami batasi 22-24 pemain dan yang akan diberangkatkan ke Laos, sesuai kuota hanya 20 pemain. Pada 21 Maret kami akan mulai pemusatan latihan. Kemudian pada 4 Mei 2017, kami berangkat ke Laos," kata Rully.

Rully menjelaskan bila pemusatan latihan akan digelar di Lubuk Linggau, Sumatra Selatan, sesuai arahan Komisi Sepak Bola Wanita PSSI. "PSSI sudah mengecek fasilitas latihan di sana dan dinilai cukup bagus. Jadi, kami akan berlatih dan mempersiapkan diri di sana," kata Rully.

Waktu yang mepet membuat Rully Nere dan para asisten pelatih Yopi Riwoe dan Hariyono (pelatih kiper) harus memanfaatkan waktu secara efisien dan efektif. Apalagi, melatih para pesepak bola putri jauh lebih sulit daripada pesepak bola putra.

"Ada hal-hal yang berbeda dibandingkan sepak bola putra, seperti kami harus memberikan dasar yang benar bagaimana mereka berlari, ayunan tangan mereka saat berlari juga beda dengan sepak bola putra. Selain itu, tentu kami harus menyamakan visi bermain," tuturnya.

Meski ada perbedaan mendasar dengan sepak bola putra, Rully Nere menyebut pencarian pemain untuk mengisi timnas putri terbilang lebih mudah daripada timnas putra. Pasalnya, di Indonesia, sudah memiliki kantong-kantong yang secara tradisi kuat dalam hal sepak bola putri.

Para pelatih timnas biasanya langsung mendatangi daerah-daerah itu untuk mendapatkan pemain berkualitas, tentu dengan tidak melupakan pemain dari daerah lain di Tanah Air.

"Beberapa daerah yang kuat dengan sepak bola putri, semisal Yogyakarta, Bangka Belitung, Jawa Barat. Sementara Papua, belakangan ini mengalami penurunan," ujarnya. 

Piala AFF U-16 putri akan digelar di Vientiane, Laos, pada 8-20 Mei 2017. Keikutsertaan pada tahun ini, di Piala AFF U-16 putri, jadi yang pertama kalinya untuk Indonesia. Pada fase penyisihan grup, Timnas putri Indonesia U-16 tergabung di Grup B bersama Filipina, Singapura, Kamboja, dan Timor Leste.

 

Video Populer

Foto Populer