Sukses


Persebaya Gelar Laga Uji Coba Melawan PSIS

Bola.com, Surabaya - Persiapan Persebaya Surabaya menuju kompetisi Liga 2 terus berlangsung. Seusai terjun di Dirgantara Cup 2017, tim berjulukan Green Force akan mengasah kemampuan mereka dengan beruji coba melawan PSIS Semarang dengan format kandang dan tandang.

Persebaya akan terlebih dahulu melakoni laga tandang ke Stadion Jatidiri, Semarang, pada Minggu (12/3/2017). Ini bakal menjadi pertemuan pertama bagi kedua tim setelah sekian tahun tak bersua di ajang resmi.

Setelah itu, kedua tim bakal saling berhadapan kembali pada 19 Maret mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Ini sekaligus menjadi laga kandang resmi pertama bagi Persebaya setelah kembali ke kancah persepakbolaan nasional usai tiga tahun tak berkompetisi.

Meski bertajuk laga uji coba, predikat duel klasik layak disematkan pada pertandingan kedua tim ini. Sejarah persepakbolaan nasional mencatat, kedua tim ini pernah merajai dan bahkan saling bertarung di partai puncak.

Tercatat kedua tim sudah dua kali bertemu di partai final memperebutkan tahta tertinggi sepak bola Indonesia. Pertama, pada era Perserikatan tahun 1980-an silam. Tepatnya 11 Maret 1987 di Stadion Utama Senayan (Gelora Bung Karno), Jakarta. Saat itu Persebaya tumbang dengan skor 0-1 di partai puncak dari tim asuhan Sartono Anwar, melalui gol Saiful Amri.

Duel partai puncak kedua terjadi di era baru Liga Indonesia, yang digelar di Stadion Klabat, Manado, pada 9 April 1999. Ambisi Persebaya merengkuh gelar juara dua musim beruntun digagalkan penyerang mungil andalan PSIS, Tugiyo. Gol tunggal pemain yang dijuluki Maradona Indonesia itu membuyarkan mimpi Persebaya kala itu.

”Sesuai rekomendasi tim pelatih, kami membutuhkan uji coba berkualitas untuk melihat perkembangan tim agar kami bisa mendapatkan gambaran harus berbuat apa sebelum Liga 2 dimulai,” ujar Candra Wahyudi, Direktur Tim Persebaya. ”PSIS kami pilih karena mereka termasuk tim besar sekaligus pesaing kuat kami di Liga 2 nanti,” ia menambahkan.

Tak hanya bertujuan mematangkan persiapan tim, laga persahabatan ini sekaligus menjadi kesempatan untuk menjajal sistem penjualan tiket yang baru. Manajemen Persebaya telah menggandeng operator tiket My Ticket. Vendor itulah yang nanti menangani manajemen tiket Persebaya selama bermain di Liga 2 musim ini.

CEO PSIS, Alamsyah Satyanegara Sukawijaya menyambut antusias laga uji coba melawan Persebaya. ”Pertemuan ini mengingatkan kembali kenangan masa lalu. Kalau boleh saya sebut, semacam ’Battle of Hero’, karena kedua tim sama-sama memiliki sejarah panjang di sepak bola nasional. Semoga pertemuan ini bisa membangkitkan kedua tim yang sama-sama ingin kembali ke habitatnya,” ujar pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi ini.

 

 

Video Populer

Foto Populer