Sukses


Resep Keberhasilan Iwan Setiawan Mengembalikan Karakter Persebaya

Bola.com, Surabaya - Iwan Setiawan sudah memberikan prestasi di saat kebersamaannya dengan Persebaya Surabaya masih seumur jagung. Di masa awal karier kepelatihannya di tim berjulukan Green Force itu, Iwan mengantar Persebaya menjuarai Dirgantara Cup 2017.

Di partai final Dirgantara Cup 2017 yang dimainkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/3/2017), Persebaya mengalahkan Cilegon United dengan skor 2-0.

Iwan pun membuka resep keberhasilannya. Merasa tertantang menjadi alasan Iwan menerima pinangan melatih Persebaya. Itulah mengapa, sebelum membubuhkan tanda tangan di depan manajemen Persebaya, Iwan lebih dulu mempelajari banyak hal tentang Persebaya.

Sekadar merasa tertantang tidak cukup, Iwan mengaku mempelajari kultur sepak bola Surabaya, ciri khas permainan Persebaya, fanatisme, loyalitas, serta kebanggaan pemain pada tim Green Force.

"Setiap saya bergabung dengan tim baru, saya pasti lebih dulu mempelajari, mengenal, dan menjalankan apa yang menjadi kultur mereka sehingga saya bisa membangun sebuah tim yang sesuai dengan ciri khasnya," ujar Iwan.

Iwan memang tidak asal melatih. Hal itu tampak pada setiap latihan yang digelar. Iwan selalu meminta anak buahnya untuk bermain keras, cepat, dan umpan-umpan pendek. Untuk mental, Iwan menggembleng para pemainnya tentang loyalitas, dedikasi, serta kebanggaan sebagai pemain Persebaya.

"Siapa pun bisa melatih sebuah tim untuk bisa tampil bagus. Tapi, membangun karakter tim merupakan hal yang sulit. Butuh kesabaran dan kontinuitas agar tim bisa memiliki karakter kuat," jelas mantan pelatih Pusamania Borneo FC dan Persija Jakarta itu.

Hampir dalam setiap mengawali dan setelah latihan, Iwan selalu memberikan wejangan pada para pemain bila tim yang mereka bela adalah tim besar yang memiliki reputasi dan prestasi besar pula. Untuk itu, ia meminta para pemainnya memiliki kebanggaan, rasa cinta, dan semangat besar.

"Tim ini dihuni mayoritas pemain muda. Mereka masih harus terus diingatkan, agar kebanggaan dan karakter itu melekat kuat. Jadi, apa yang sudah mereka tunjukkan selama Dirgantara Cup lalu harus dijaga," tuturnya.

Namun, ia yakin sukses awal Persebaya dengan menjuarai Dirgantara Cup 2017 tidak akan bisa terwujud bila tidak didukung oleh semua pihak. "Semua elemen di tim ini berjasa atas pencapaian ini. Untuk pemain, mereka telah menunjukkan apa yang seharusnya mereka lakukan," kata Iwan Setiawan.

 

Video Populer

Foto Populer